Para penggiat UMKM sekarang harus menyiapkan strategi baru dalam rangka menyambut era baru yaitu era digital. Bahkan sekarang sudah banyak jasa pembuatan android app karena naiknya permintaan pembuatan aplikasi pada platform mobile. Lalu apa itu era digital?, era digital secara umum adalah era dimana banyak aktifitas yang dapat di proses melalui platform digital seperti handphone, laptop dengan media internet. Kita dapat melakukan banyak hal seperti belanja, berjualan, memesan makanan, sampai kursus yang dilakukan secara online. Maka dari itu untuk mempersiapkan era ini para penggiat UMKM harus mempersiapkan beberapa hal diantaranya adalah

  • Social Media

UMKM anda wajib memiliki platform social media, alasannya adalah karena dengan kepemilikan social media diibaratkan anda mempunyai “jasad” atau tubuh di dunia maya. Kedepannya social media dapat anda gunakan sebagai etalase toko, media promosi, atau sekedar memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pengikut anda.

  • Stok Photo

Ini adalah hal kedua yang paling krusial, diibaratkan berperang dalam dunia maya stok foto yang unik dan menarik perhatian orang adalah peluru anda dalam berperang. Membuat konten adalah senjata anda, akan tetapi dengan stok foto yang kurang memadai anda akan kehabisan amunisi sehingga promosi yang dilakukan dengan konten anda akan terkesan basi dan itu itu saja.

  • Skill Copywriting

Copywriting biasa digunakan sebagai penulisan sesuatu yang singkat seperti caption dan status. Caption yang ditulis dengan orang yang memiliki skill copywriting akan terkesan berbeda dan memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi calon customer anda begitu pula dengan status.

  • Website

Memiliki website juga cukup penting bagi pelaku wirausaha. Apabila diibaratkan website seperti toko virtual yang anda bangun di dunia maya. Bedanya adalah membuat website memakai budget yang jauh lebih sedikit dibandingkan membuat toko fisik, kemudian setiap orang di seluruh dunia dapat mengakses toko tersebut secara bebas selama 24 jam. Sedangkan toko fisik hanya bisa diakses di jam jam tertentu dan harus mendatangi lokasi tertentu.

  • Designer

Skill ini juga tidak kalah pentingnya dengan 4 hal diatas. Untuk membuat konten yang bagus yang nantinya akan di post di social media, anda memerlukan skill desain grafis. Skill ini akan sulit apabila yang menggunakannya tidak memiliki pengalaman dan “sense” dalam mengkreasikan konten. Maka dari itu mulailah mencari desaigner atau anda yang mempersiapkan skill tersebut sendiri.

Usaha membutuhkan kreatifitas, kerja keras dan konsistensi  maka dari itu anda dituntun agar selalu melakukan inovasi terbaru pada produk atau bahkan pada metode pemasaran. Jangan lupa pisahkan atm pribadi dengan atm deposito BCA yang dijadikan rekening jualan agar Cashflow tetap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *