15 Penyebab sakit punggung ini perlu Anda waspadai. Jika Anda mengalami sakit punggung terus menerus, maka harus ke dokter periksa supaya sanggup tahu lebih terang apa penyebabnya. Jangan abaikan ya. Anda dihentikan menjadi dokter untuk diri sendiri. Bagaimanapun hebat medis yang lebih tahu permasalahannya. Setelah itu terserah Anda untuk pengobatannya.

Kadangkala kita pikir, ini cuma keseleo biasa atau semacam encok, kemudian kita minum jamu pegel linu atau gosok pakai balsem. Sakitnya sanggup mereda untuk beberapa hari, akan tetapi ketika kita berakivitas dan mengangkat suatu benda maka sakitnya muncul kembali.

Seorang hebat bedah saraf, Patrick Roth menyampaikan bahwa, terdapat 8 dari 10 orang diantara Anda dan saya pernah alami yang namanya sakit punggung. Jika memperlihatkan kuesioner untuk diisi kepada sekelompok orang yang sedang beraktivitas di luar,  hasilnya 20 persen menyampaikan mereka bermasalah dengan punggung, kemudian 40 persen mengalaminya dalam tahun terakhir, selanjutnya 80 persen pada sepanjang hidupnya, kata Patrick.

 Penyebab sakit punggung ini perlu Anda waspadai 15 Penyebab Sakit Punggung Ini Perlu Anda Waspadai
 Pixabay Images

Umumnya ini dialami oleh orang di usia setengah baya. Namun tidak menutup kemungkinan orang muda juga mengalaminya. Mengapa bisa? Faktor gaya hidup Anda menjadi risiko besar. Penyebab penyakit ini seringkali sulit untuk kita ketahui. Ada yang mencicipi sakit ringan, berat, hingga parah. Mungkin 5 persen penderita sakit punggung di usia 55 tahun ke atas diakibatkan oleh patah tulang, dan 1 persen yaitu infeksi dan tumor. Ini berdasarkan hebat medis.

Saya harap Anda sanggup membaca hingga selesai ulasan di bawah ini.

1. Cara duduk Anda

Perhatikan cara duduk Anda, lantaran cara duduk yang salah sanggup memnimbulkan rasa nyeri di penggalan belakang. Pda ketika kita duduk maka tulang belakang akan mengalami tekanan sebesar 30 persen. Ini lebih besar dibandingkan kalau kita berjalan atau berdiri. Duduk dengan posisi membungkuk sangat tidak baik. Apalagi duduk berjam-jam di depan komputer. Kalau sanggup atur bangku Anda pada posisi agak menyandar supaya punggung sanggup rileks.

2. Terdapat kerikil ginjal dan infeksi

Sakit punggung sanggup saja lantaran ginjal Anda infeksi, pendarahan traumatik ginjal yang selalu dihubungkan dengan nyeri pinggang. Selain itu infeksi pada saluran kemih dan kerikil ginjal. Akibat dari infeksi saluran kemih itu mirip [sistitis] penyebab radang kandung kemih dan sanggup menjalar hingga ke punggung penggalan bawah. Hal tersebut juga sanggup terjadi lantaran Anda mempunyai dilema pencernaan, cedera panggul, dan pinggul. Segera periksa ke dokter ya.

3. Mengalami keseleo

Aktivitas Anda mengangkat beban berat berulang, kemudian memutar dengan gerakan yang salah, maka sanggup berakibat buruk. Anda akan mengalami cedera otot, ligamen tulang belakang. Ini menimbulkan nyeri punggung hebat. Umumnya nyeri punggung penggalan bawah terjadi lantaran robeknya otot.

4. Kebiasaan merokok Anda

Tidak ada manfaat sehat dengan merokok. Yang ada yaitu merusak kesehatan Anda. Menguras kantong Anda. Merokok mirip parasit menancapkan racun-racunnya di tubuh seseorang. Lambat laun tubuhnya digerogoti aneka macam penyakit mematikan. Sudah terang sanggup menghambat jalannya pemikiran darah ke tulang belakang, sehingga jangan heran ketika tiba-tiba mencicipi nyeri pada punggung.

Sebuah studi Universitas Northwestern baru-baru ini menemukan bahwa perokok tiga kali lebih mungkin daripada bukan perokok untuk membuatkan nyeri punggung kronis.

5. Terjadi radang sendi

Seperti diketahui, seseorang dengan kondisi osteoarthritis juga sanggup mengalami nyeri punggung bawah. Tercatat pada banyak kasus radang sendi pada tulang belakang sanggup menimbulkan sebuah penyempitan ruang yang berada di seputar sumsum tulang belakang. Ini dikenal sebagai [stenosis tulang belakang].

6. Malas berolahraga

Anda yang punya kebiasaan malas bergerak. Seharian duduk santai nonton TV, atau tiduran sambil bermain game. Otot-otot Anda sangat pasif, dan kemudian menjadi sangat lemah, maka akhirnya mungkin Anda akan merasa pegal, encok, bahkan nyeri punggung. Kalau sudah begitu, jangan minum obat, tapi olahraga.

7. Kondisi stres

Stres sanggup memicu banyak penyakit pada tubuh kita. Sudah banyak penelitian yang menandakan hal ini. Hidup dengan stres, cemas serta tidak sanggup menguasai emosi sanggup menghancurkan kehidupan dan kebahagiaan Anda kalau dilihat dari sisi psikologis. Belum lagi sangat mengganggu kesehatan. salah satu kondisi jelek terkait stres yaitu otot belakang tegang, kemudian cemas, dan emosi sanggup memperparah.

Seorang Chiropractor [dokter Chiropractic] sekaligus penulis buku berjudul 3 Weeks To A Better Back,  Todd Sinett, yang tinggal di New York City menyampaikan bahwa, emosional merupakan prediktor paling besar dari penyakit punggung. Apabila Anda mengalami tegang yang lama, maka otot yang tegang sanggup menjadi kejang, kata Todd sinnet. Umumnya nyeri punggung yang diakibatkan oleh stres juga mencakup leher hingga bahu, kemudian terus ke penggalan bawah punggung.

Jika mengalami kondisi demikian, Anda boleh coba beberapa gerakan relaksasi seperti;
a. Tarik napas dalam dan perlahan, tahan hingga hitungan empat, kemudian hembuskan dalm hitungan empat
b. Berjalan selama satu jam di sekitar halaman rumah Anda
c. Lakukan yoga dengan gerakan yang tidak terlalu sulit

8. Saatnya kasur Anda di ganti

Kasur yang baik untuk dipakai yaitu yang tidak terlalu keras, dan tidak terlalu lembut. Saya sarankan coba periksa kasur Anda, mungkin saja sudah tidak layak dan harus diganti. Biasanya penggalan yang cepat mengalami perubahan dari kasur itu yaitu letak pantat Anda. [Maksud saya, kalau kita tidur maka berat kita lebih bertumpuk di penggalan pantat, sehingga sanggup mengubah bentuk kasur tersebut]. Alhasil sanggup menimbulkan encok waktu berdiri tidur.

9. Ankylosing Spondylitis [radang sendi inflamasi]

Ankylosing spondylitis [radang sendi inflamasi] sanggup menimbulkan pembengkakan pada sendi tulang belakang. Orang dengan kondisi tersebut niscaya merasa kaku, tegang, dan nyeri pada waktu pagi. Tetapi ketika ia memulai aktivitas, maka kondisi tersebut berangsur pulih.

10. Memakai pakaian terlalu ketat

Modis sih boleh saja, selagi itu tidak mengganggu kesehatan. Akan tetapi, menggunakan pakaian yang terlalu ketat [celana jeans] yang bikin bernapas saja susah lantaran perut sudah tertekan celana jeans yang sangat ketat, belum lagi mau duduk sangat sulit. Maka itu sanggup membersempit gerak normal dari tulang belakang. Otot jadi tidak stabil. Apa yang terjadi kemudian? Punggung bawah Anda sanggup cedera.

11. Sering pakai sepatu high heels

Selain pakaian ketat, sepatu hak tinggi juga punya andil besar penyebab nyeri punggung. Seorang hebat gizi olahraga di New York City, Willyam Sugs menyampaikan bahwa, Sepatu hak tinggi sanggup melepas sentra gravitasi Anda. Memakai sepatu hak tinggi menerima tekanan berlebih pada kaki Anda dan terhadap punggung bawah yang akhirnya ternjadi nyeri.

12. Terjadi infeksi di saluran kemih

Jika saluran kemih Anda mengalami infeksi, maka Anda akan merasa nyeri hebat pada sisi. Ini warning infeksi saluran kemih telah menyebar hingga ke ginjal Anda. Dianjurkan ke dokter kalau buang air dan mencicipi nyeri.

13. Kondisi hamil

Ibu hamil juga sering merasa nyeri punggung sebelah bawah. Oleh lantaran secara mekanis sanggup mengubah lengkungan lumbal normal dengan memposisikan bayi yang ada di dalam kandungan. Selain itu, faktor hormon estrogen ibu mempunyai andil dalam melonggarkan ligamen juga struktur tulang punggung. 

14. Cara berjalan Anda

Melakukan bermacam gaya ketika Anda berjalan sanggup berakibat kerusakan signifikan pada kaki ketika Anda pergi duduk. Berjalanlah dengan langkah yang disarankan oleh fisioterapis, kata seorang fisioterapis Alex Hunter. Apalagi kalau Anda berjalan sambil menempatkan tas yang berat pada pundak sebelah. Ini lebih banyak risiko.

15. Anda kurang minum air

Minum Air sangat penting bagi kesehatan. Membantu dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh kita. Tubuh kita ini terdiri dari 60 persen air. Ini penting untuk pencernaan, transportasi nutrisi, sirkulasi, penyerapan, termasuk tulang-tulang. Antara lain tulang belakang yang mempunyai cakram yang terdiri dari zat ibarat jelly yaitu 90 persen air. Tubuh perlu cairan yang lancar biar sanggup membantu melindungi bantalan. Ini dikatakan oleh Cleveland Clinic Centre for Spine Health.

Beberapa hal lain yang menimbulkan dilema punggung dari sisi medis

1.  Stenosis spinal [penyempitan dari susukan tulang belakang yang abnormal]
Bila Anda mengalami kondisi ini, maka susukan tulang belakang sudah menyempit. Akan terjadi tekanan berlebih pada saraf dan tulang belakang. Menyebabkan pundak dan kaki terasa kebas.
Selain itu penderita akan mengalami rasa sakit pada ketika berdiri lama, kekakuan pada pagi hari. Ini biasanya dialami orang di usia 60 tahun keatas.

2. Osteoarthritis
Bisa terjadi ketika tulang rawan dan tulang Anda rusak. Ini sering mensugesti mereka di usia paru baya ke atas.

3. Skoliosis [lengkungan tulang belakang]
Ini yaitu bawaan lahir. Mereka akan merasa sakit di usia pertengahan.

4. Ankylosing spondylitis [adanya pembengkakan sendi pada tulang belakang]
Dapat menimbulkan kekakuan dan rasa sakit ketika pagi hari, kemudian membaik sesudah melaksanakan beberapa gerakan.

5. Spondylolisthesis [terjadi pada ketika tulang di tulang belakang tergelincir keluar dari posisi semula]
Mengakibatkan kekakuan dan rasa nyeri di punggung sebelah bawah. Selain itu, terjadi kesemutan dan mati rasa. Penyebab lain mungkin saja cedera atau cacat bawaan lahir.

6. Spondylosis [penyakit sendi degeneratif]
Kondisi ini merujuk pada osteoarthritis tulang belakang yang menimbulkan cakram tulang belakang yang robek, peradangan, rasa nyeri [sakit], keausan progresif, dan terjadi penyempitan susukan tulang belakang yang tidak normal.

7. Sciatica [sebuah iritasi saraf mulai dari punggung bawah ke kaki]
Anda akan merasa punggung penggalan bawah melemah. pantat, dan kaki. Kemudian mati rasa, kesemutan dan sakit.

8. Tumor
Ini jarang terjadi. Penyebabnya yaitu kanker yang sudah menyebar di tubuh Anda.

9. Spasme [otot punggung mengalami robek]
Terjadi pada ketika kita mengangkat beban berat atau berolahraga dengan melaksanakan beberapa gerakan yang ekstrim.

Beberapa saran perawatan sederhana yang sanggup Anda lakukan sendiri, [apabila ini tidak membatu Anda merasa lebih baik, silahkan tiba ke dokter untuk konsultasi].

1. Jangan pasif, Anda harus tetap beraktivitas menggerakkan otot-otot Anda.

2. Tidak baik selalu beristirahat di daerah tidur, lakukan kegiatan harian Anda mirip biasa, biar sanggup pulih secepatnya

3. Jika mungkin, pertimbangkanlah untuk konsumsi obat pereda nyeri kalau itu sudah mengganggu Anda beraktivitas.

4. Secara sedikit demi sedikit latihan punggung juga perenggangan ringan di rumah. Ini sanggup meminimalkan sakit punggung Anda.

5. Konsultasikan dengan hebat fisioterapi, bagaimana cara latihan punggung yang baik.

6. Olahraga rutin. Misalkan, jalan pagi, yoga, berenang, dan aerobik low-impac [aktivitas yang tidak membebani punggung] yaitu pilihan bagus. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda ya.

7. Anda juga sanggup konsumsi ibuprofen, yaitu obat anti-inflamasi non-steroid [NSAID]. Mengurangi nyeri punngung. [Ingat harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, lantaran jenis obat tersebut belum tentu cocok dengan Anda]. Biasakan membaca.

8. Jika otot-otot Anda kaku, kejang yang menimbulkan nyeri di punggung, dokter sanggup menganjurkan untuk relaksasi dengan metode panas dan dingin.

9. Tempelkan botol panas pada penggalan yang sakit. Mandi dengan air panas. Bisa membantu meringankan sakit.

10. Kompres dengan es kerikil di penggalan yang sakit juga sanggup membantu. Taruh es kerikil di dalam kantong [dibungkus] sebelum ditempelkan ke kulit.

11. Tidak perlu merasa kuatir yang berlebihan kalau Anda mengalami kondisi ini, tetapi usahakan tetap rileks biar tidak menjadi lebih buruk.

12. Memijat dengan sangat hati-hati pada sendi, otot di sekitar di tulang belakang.

Segera ke dokter kalau kondisi Anda mirip di bawah ini

1. Sakitnya semakin bertambah meskipun sudah istirahat
Nyeri telah menjalar pada satu atau kedua kaki. Rasa sakit memanjang di bawah lutut yang menimbulkan kesemutan, mati rasa di satu atau kedua belah kaki dan penurunan berat badan.

2. Mengalami gangguan kandung kemih, usus disertai dengan demam.

3. Mengalami nyeri punggung lebih dari tiga bulan [kronis] kurang umum dibandingkan nyeri akut.

4. Jika Anda menderita nyeri punggung di sesudah berumur 50 tahun, atau punya riwayat osteoporosis, penggunaan obat steroid, dan riwayat kanker, hubungi dokter segera.

Pencegahan

1. Bangun kekuatan otot
Hubungi hebat terapi fisik atau dokter biar mereka sanggup memberitahukan kepada Anda latihan yang benar.

2. Olahraga.
Seperti yang sudah disebutkan pada poin 6 [beberapa saran sederhana yang sanggup Anda lakukan sendiri]. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan salah satu olah raga tersebut.

3. Stop merokok kalau Anda mau sehat.

4. Posisi pinggul harus tetap netral [Jangan sekali-kali bungkuk]. Saat berdiri lama, taruh satu kaki di daerah yang lebih rendah supaya sanggup mengurangi beban terhadap punggung bawah dan otot punggung Anda.

5. Jaga berat tubuh [jangan over weight].

6. Angkat berat dengan cara yang benar. Pertahankan punggung tetap lurus dengan tidak memutar, apalagi menekuk di lutut. Angkat beban berat dengan kekuatan tubuh Anda.

8. Duduk dengan posisi benar. Jangan membungkuk. Sebaiknya posisi agak menyandar, alas punggung anda dengan bantal kecil.

Demikianlah artikel wacana 15 pennyebab sakit punggung ini perlu Anda waspadai. Mudah-mudahan membantu.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *