Lazimnya, siapa saja niscaya pernah mengalami sakit kepala, dan memang ini sering dikeluhkan banyak orang termasuk saya. Saya pernah beberapa kali mencicipi sakit pada satu satu sisi kepala saja hingga pusing dan tidak sanggup melaksanakan aktivitas, karenanya pergi tidur. Terus terang saya waktu itu galau penyebabnya apa ya? Perasaan saya tidak melaksanakan hal-hal yang terlalu berisiko.

Misalnya berjemur di terik panas matahari berjam-jam, memikirkan hal yang berat, menyerupai pikir negara, atau juga tidak sedang putus cinta. Tapi, kenapa kepala sanggup sakit banget! Terus tidak berpikir panjang, tanpa ke dokter priksa ini itu, saya pribadi menuju apotik beli obat. Untuk diketahui bahwa, ternyata sakit kepala penyebabnya tidak hanya satu atau dua faktor saja, tetapi sanggup diakibatkan oleh banyak faktor, dan juga ada macam-macam jenis. Mulai dari ringan hingga berat.

 siapa saja niscaya pernah mengalami sakit kepala Hati-hati Jika Anda Sering Sakit Kepala
Ilustrasi orang sakit kepala. Pixabay Images

Pada umumnya penyebabnya adalah, stres berat, dan mengalami ketegangan. Kalau sudah kumat, kepala jadi tegang, rasanya otot-otot kecang semua, wajah, leher, dahi, terasa nyeri. Mau buka mata juga hingga tidak kuat. Semua orang mungkin pernah mengalami ini.

Contoh yang ringan; Terlalu usang menatap layar komputer, kurang tidur, kelebihan tidur, telat makan, acara padat, kurang istirahat, pikiran kalut, minum minuman beralkohol, stres, siklus haid, cedera kepala ringan, kebanyakan minum kopi, lantaran flu, lantaran lagi nggak punya uang, usia semakin bau tanah dan masih banyak lagi. [Yang berat nanti Anda sanggup membaca poin-poin di bawah].

Kalau sesekali sakit sih mungkin tidak apa-apa ya. Wajar, namanya juga insan hidup niscaya ada aneka macam problem. Namun jikalau sudah sering, dan sakitnya hingga Anda sanggup menggit sesuatu untuk menahan nyerinya, kemudian frekuensinya berulang kali, berarti Anda harus cepat ambil keputusan untuk ke dokter konsultasi.

Dengan membaca ulasan selanjutnya, Anda sanggup tahu ini jenis ringan dan berat. Kita berdoa, biar Tuhan jauhkan semua penyakit yang berat dari badan kita. Amin.

Golongan yang berat

1. Sakit Kepala Cluster

Ini juga disebut sakit kepala histamin, yang merupakan suatu gangguan yang jarang terjadi [ tergolong langka]. Dalam seribu orang hanya sanggup dialami oleh satu hingga dua orang saja. Gejalanya, seseorang sanggup mencicipi sangat nyeri pada satu sisi kepala, kemudian berlangsung antara 15 menit hingga tiga jam. Sering terjadi di malam hari. Kemudian sanggup berulang selama beberapa minggu. Bahkan sanggup tahunan. Ini biasanya terjadi secara tiba-tiba.

Mengenal gejalanya

  • Kepala rasanya berat sebelah
  • Sangat nyeri 
  • Keluar banyak air mata
  • Hidung basah atau mampet
  • Banyak keringat di wajah
  • Mata basah dan merah di kepingan sisi kepala yang sakit
  • Kelopak mata berubah [terkulai]
  • Merasa gelisah
  • Kulit terlihat pucat Terasa kencang dan nyeri di leher dan pundak

Bagi mereka para perokok, Anda berisiko besar terkena sakit kepala cluster. Terkadang pemicunya yakni minuman beralkohol, amis bensin dan parfun yang menyengat. Orang dengan kondisi ini tidak sama dengan migrain yang cenderung berjalan sempoyongan. Akan tetapi ada tanda-tanda yang mirip, yaitu sangat peka terhadap cahaya yang terlalu terang dan bunyi bising.

Penyebab

  • Belum diketahui apa penyebab pasti. Akan tetapi polanya memperlihatkan suatu kelainan jam biologis tubuh.
  • Dapat dipastikan  bahwa alkohol sangat terkait dengan pemicu sakit kepala cluster
  • Sakit kepala ini tidak ada hubungannya dengan stres, perubahan hormon, dan makanan

Ada juga risiko lainnya

  • Riwayat dari keluarga
  • Minuman beralkohol
  • Umur

2. Stroke

Orang dengan kondisi stroke awal biasanya mencicipi kepala tegang dan sakit, kemudian pusing, dan sanggup hingga muntah, verbal jadi bengkok, susah bicara, pengecap cadel dan sensorik terganggu. Jika pembuluh darah tersumbat dan ajaran darah tidak lancar ke otak seseorang, maka sanggup terjadi stroke. Kemudian, kerusakan permanen pada otak dan sel-sel otak menjadi mati apabila darah tidak sanggup mecapai otak.

3.Tekanan darah tinggi [hipertensi]

Penelitian memperlihatkan bahwa, mereka dengan kondisi hipertensi akan mengeluhkan sakit di kepala, dan memang umumnya ini terjadi pada penderita hipertensi dibandingkan dengan yang tidak hipertensi. Selain itu, hipertensi maligna. Merasakan dada sakit [nyeri dada], mual hingga muntah akhir tekanan darah sangat tinggi. Jika tekanan darah [sistolik] di atas 140 mm Hg kemudian tekanan darah [diastolik] berada di atas 90 mm hg, itu berarti hipertensi

4. Tumor Otak

Nyeri di kepala juga dikaitkan dengan tumor otak. Mereka dengan kondisi tumor otak diketahui mengalami nyeri kepala. Sering kambuh, apalagi pada pagi hari sakitnya bertambah parah. Obat sakit kepala biasa tidak akan mempan. Pasien juga sanggup mengalami mual dan muntah. Sementara tanda-tanda dari tumor otak ini beragam. Tergantung dari pertumbuhan, letak dan ukuran. Jika tumor terletak di belakang otak, maka seseorang akan sempoyongan ketika berjalan, juga mengalami pusing.

Ia akan kehilangan penglihatan jikalau tumor tersebut berada di kelenjar pituitari. Selanjutnya, jikalau tumor berada di komponen utama dari otak, maka ia akan susah untuk mengucapkan kata-kata [berbicara]. Juga akan kehilangan energi perlahan untuk menggerakkan lengan dan kaki.

5. Migrain

Mungkin di antara Anda, ada yang pernah mencicipi sakit jenis ini. Kalau lagi kambuh, paling sensitif terhadap cahaya, dan bunyi bising. Kepala sangat berdenyut, bikin pusing, mual kemudian muntah. Itu hanya dirasakan di sebelah saja. Ini di namakan migrain. Adapun berdasarkan WHO, migrain merupakan penyebab paling tinggi keenam sakit kepala di seluruh dunia. Memiliki dampak sangat besar bagi individu yang mengalaminya. Mereka sanggup mencicipi sakit selama 2 hingga 3 hari.

Tidak begitu terperinci apa penyebab migrain ini, namun diketahui ada aneka macam faktor yang sanggup menimbulkan terjadi migrain yaitu; perubahan hormon, stres, emosi berlebihan, cahaya yang terlalu terang, bunyi sangat bising, terlalu banyak minum mengandung kafein, tidak seimbangnya materi kimia di otak dan karenanya tidak sanggup tidur malam, acara otak tidak normal, terlalu banyak beraktivitas tanpa istirahat, lagi haid.

6. Meningitis

Seperti diketahui bahwa meningtis merupakan suatu proses peradangan pada meninges, atau poroses peradangan mengelilingi otak kita. Ini sanggup terjadi akhir infeksi virus atau basil pada otak, sumsum tulang belakang. Menurut data dari Mitra Keluarga bahwa di Indonesia sendiri ada kurang lebih 150 ribu perkara per-tahun yang terjadi.

Sementara perkara yang terjadi di Amerika Serikat sangat serius pada tahun 2003 dan 2007, yang menimpa 500 orang setiap tahun meninggal dan mengalami cacat seumur hidup akhir basil meningitis. Hal ini berdasarkan Pusat Pengendalian dan pencegahan penyakit di negara tersebut. [Tercatat bahwa, sebagia besar perkara meningitis yang terjadi di Amerika Serikat tidak disebabkan oleh infeksi bakteri].

Penyebab lain dari meningitis yakni
a. kanker
b. Alergi obat
c. Jamur
d. Iritasi kimia

Meningitis sanggup mengakibatkan
a. Leher jadi kaku
b. Nyeri jago di kepala
c. Kejang-kejang
d. Tidak ada selera makan
e. Mengantuk tak terkendali
f. Sangat sensitif dengan cahaya terlalu terang
g. Badan lemas
h. Mual, muntah

Terdapat beberapa bakteri, virus meningitis yang sanggup menular melalui bersin, batuk.

7. Saluran pernapasan kepingan atas mengalami infeksi [sinusitis]

Seperti diketahui bahwa, infeksi terusan pernapasan atas ini merupakan penyebab umum dari sakit kepala. Ini jarang terjadi. Sinusitis ini juga sanggup dikaitkan dengan migrain. Sinus sanggup terjadi setelah Anda terjangkit flu, pilek, kemudian hidung tersumbat atau meler.

Gejala terjadi sinusitis
a. Nyeri kepala
b. Rasa sakit pada gigi dan rahang atas
c. Mulut amis
d. demam
e. Batuk [bertambah jelek pada malam hari]
f. Terkadang wajah bengkak
g. Merasa lelah
h. Tekanan telinga
i. Ada abses disekitar mata

8. Hematoma Subdural kronis [SDH]

Hematoma subdural kronis [SDH] yakni kumpulan atau gumpalan darah yang usang di permukaan otak di bawah lapisan luarnya. Pasien umur 60 tahun atau lebih bau tanah yang memiliki artrofi otak diketahui punya risiko paling besar untuk mengalami hematoma tersebut. Terjadi penyusutan di jaringan otak seiring berjalannya waktu [proses penuaan]. Dapat memperlemah vena, dan jikalau terjadi trauma kepala ringan, maka sanggup menimbulkan SDH kronis dan pembuluh darah pada kepingan atas otak menjadi robek. [Diketahui 80 persen mereka dengan hematoma mengeluhkan sakit pada kepala].

Faktor-faktor lain yang sanggup terjadi yakni pemakaian obat dalam waktu usang seperti; anti-inflamasi, aspirin dan  pengencer darah.

Gejala-gejala dari kondisi hematoma
a. Susah berjalan
b. Mengalami kejang-kejang
c. Mual dan muntah
d. Susah menelan masakan dan lainnya
e. Mengalami koma
f. Mati rasa pada lengan dan kaki
g. Lemas
h. Gangguan memori
i.  Lumpuh
y. Kebingungan

9. Hipertensi Intrakranial Idiopatik [IIH]

Adalah gangguan langka yang ditandai dengan tekanan signifikan di sekitar otak tanpa ada penyebab lain yang mendasari.

Gejala umum Hipertensi Intrakranial
a.  Kepala terasa berat dan nyeri
b. Terjadi penglihatan ganda
c. Kebutaan sementara [singkat]
d. Buta seumur hidup
e. Bahu juga leher tersa nyeri
f. Kuping berdering

Lebih banyak dialami oleh perempuan usia subur [ umur 20 hingga 50 tahun] yang obesitas. Gejala IIH ini menyerupai tumor otak, dan terkadang disebut pseudotumor cerebri, artinya [tumor otak palsu].

Golongan yang ringan

1. Sensitif dengan minuman dan masakan tertentu
Minuman dan masakan yang tidak cocok dengan sebagian orang sanggup mengakibatkan sakit kepala, karena  minuman melepaskan neurotransmitter. Ini termasuk; alkohol, minuman berkafein, aspartam, keju dan cokelat.

2. Merokok
Perokok paling berisiko mengalami sakit kepala cluster. Hentikan rokok supaya Anda juga terbebas dari penyakit mematikan lainnya.

3.Pengaruh hormon
Pada ketika kadar estrogen seseorang berkurang, maka kemungkinan besar ia akan mengalami nyeri di kepala.

4. Malas olahraga [aktivitas fisik]
Seseorang yang kurang melaksanakan acara fisik. Jangan malas olahraga, atau lakukan apa saja yang sanggup menggerakkan badan Anda.

5. Suasana terlalu ribut
Mendengar bunyi musik dengan volume tinggi terus menerus

6. Kuatir [cemas] terhadap sesuatu
Kuatir dan stres berlebihan sangat besar lengan berkuasa pada fisik seseorang.

7. Terlalu usang menatap komputer
Mengetik atau chating seharian di depan komputer, atau cahaya lampu terlalu terang

8. Terlambat makan karenanya asam lambung naik.

9. Sensitif terhadap obat
Ada obat tertentu yang diresepkan oleh dokter mungkin tidak cocok dengan Anda

10. Terlalu banyak bumbu penyedap di dalam masakan yang Anda makan.

Terkadang seseorang juga sanggup sakit kepala lantaran ia kekurangan nutrisi tertentu yaitu; vitamin B, dan magnesium.

Segeralah hubungi dokter jangan abaikan apabila Anda mengalami tanda-tanda ini

1. Anda gres mencicipi sakit kepala cluster, sehingga sanggup mencegah gangguan lain dan Anda sanggup menerima penanganan yang lebih baik.

2. Sakit kepala yang Anda alami menjelma serius [parah], itu memperlihatkan alaram bahwa bersama-sama ada penyebab penyakit lain yang memerlukan penangan lebih serius oleh medis, misalnya; Pecah pembuluh darah [aneurisma], kanker, tumor otak.

3. Jika Anda merasa sakit sudah tidak menyerupai biasanya. Ada perubahan rasa lebih signifikan. Segera ke dokter. Jangan tunda.

4. Sakitnya bertambah parah, dan itu berlangsung berhari-hari bahkan hingga berminggu-minggu kemudian Anda tidak sanggup bicara, mata terganggu [penglihatan ganda] lemah dan mati rasa. Ada sinyal Anda alami stroke.

5. Anda juga mengalami mual, muntah, penglihatan berubah tiba-tiba, tidak sadarkan diri, mental terganggu, kejang, kemudian leher terasa kaku, demam. Sinyal bahwa Anda terkena meningitis.

6. Sakit mendadak dan parah tidak sama menyerupai biasanya

7. Merasa sakitnya bertambah setelah mengalami cedera di kepala, kemudian ada benjolan kecil.

Demikianlah artikel perihal hati-hati jikalau Anda sering sakit kepala.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *