Diketahui bahwa pada pergantian musim, salah satu penyakit yang sering menyerang kita yaitu demam berdarah. Ini terjadi pada sahabat saya, dan untuk penambah energi dan nutrisi tubuhnya, kita disarankan menciptakan jus jambu biji untuk dikonsumsi setiap hari sambil mendapat perawatan medis di rumah sakit. Buah ini sangat membantu. Makara jikalau salah seorang keluarga Anda terjangkit demam berdarah, segera buatkan jus buah tersebut tanpa gula dan susu untuk diminum setiap hari.

Kita sering jumpai orang yang hidup dengan dilema jantung, tekanan darah abnormal, menderita kanker dan masih banyak. Apalagi dikala ini cuaca cenderung tidak stabil, maka simpel sekali mengalami flu, pilek, batuk, demam dan menggigil sebab stamina tubuh kita menurun.

 salah satu penyakit yang sering menyerang kita yaitu  demam berdarah 14 Khasiat Ajaib Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Kita
Jambu biji. Pixabay Images

Mengingat kandungam antioksidan, vitamin dan mineral yang sangat tinggi, juga nutrisi penting dalam jambu biji membuatnya layak menjadi pagar pelindung bagi kesehatan kita. Buah yang hidup di iklim tropis ini mempunyai daya tarik luar biasa sehingga orang sering mencarinya. Ia tidak sulit ditemukan. Silahkan Anda berkunjung ke swalayan, pasar tradisional dan pedagang kaki lima untuk membelinya.

Satu hal lagi yang menciptakan jambu biji ini unggul yaitu ia tidak banyak terpapar oleh zat kimia ibarat pupuk, pestisida dibandingkan dengan buah-buah lain [anggur, apel]. Mari baca pembahasan selanjutnya.

1. Dapat meningkatkan imunitas

Vitamin C yang ada di dalam jambu biji melebihi buah jeruk, bahkan dikatakan empat kali lebih banyak. Dengan demikian buah ini sanggup meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga biar kita tidak simpel terinfeksi penyakit musiman ibarat flu, pilek, batuk yang seringkali tiba menyapa kita waktu hujan, dan juga sanggup mencegah patogen umum yang mengakibatkan beberapa penyakit. Banyak sekali penelitian menyampaikan bahwa vitamin C mempunyai kiprah besar dalam menjaga sel-sel tubuh kita dari kerusakan hingga melawan penyakit jantung, kanker dan radang sendi.

2. Melawan penyakit kanker

Selain melimpah vitamin C, jambu biji juga kaya akan antioksidan, polifenol, quercetin, dan Lycopene, yang memerangi radikal bebas, dan mencegah pertumbuhan sel kanker ibarat kanker prostat, kanker payudara dan kanker kolon. Dr, Ryan Sato telah memimpin sebuah penelitian di Universitas Hawai, menyampaikan bahwa, buah, daun, biji serta kulit batang punya sifat anti kanker yang baik. Anda sanggup memasukkan jambu biji di dalam daftar hidangan diet, sebab ia sanggup membantu mencegah metastasis sel kanker yang tumbuh di otak.

Seperti diketahui, penelitian dan uji tabung yang dilakukan pada binatang menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji sanggup membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker, dan kabarnya minyak daun jambu biji lebih mahir dalam pencegahannya dibandingkan beberapa obat lain.

Meskipun demikian masih perlu diadakan tes lebih lanjut pada imbas ekstrak jambu biji terhadap sel kanker pada insan untuk mendukung temuan tersebut.

3. Membantu mengontrol glukosa darah

Penderita diabetes sangat baik mengonsumsi jambu biji secara rutin dalam jumlah normal, ketimbang buah mangga, atau pisang sebab ia mempunyai indeks glikemik yang rendah serta tinggi serat yang sanggup menurunkan kadar glukosa darah, meminimalkan resistensi insulin, dan menambah kontrol glukosa darah jangka panjang. Sebuah studi yang dilakukan belum usang ini menunjukkan bahwa, makan buah ini sanggup membantu menghalangi datangnya penyakit diabetes tipe-2.

4. Membantu jantung sehat

Mengonsumsi Jambu biji yaitu pilihan cerdas bagi mereka yang hidup dengan dilema jantung, sebab sanggup membantu menjaga kesehatan jantung, menyeimbangkan kalium dan natrium dalam tubuh. Jangan malah makan durian ya! Selain itu sanggup menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida yang merupakan faktor terbesar terjadi penyakit jantung.

5. Membantu mengontrol tekanan darah

Buah yang kaya dengan serat ini sanggup dikonsumsi rutin dalam jumlah normal sangat bermanfaat untuk kesehatan, khususnya bagi orang yang mempunyai tekanan darah abnormal. Sebuah penelitian yang dilakukan di Heart Research Laboratory, Medical Hospital and Research Centre, di India menyampaikan bahwa, jambu biji sanggup membantu menurunkan tekanan dan kolesterol jahat.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Jika kita kurang makan makanan berserat, maka pencernaan kita akan terganggu sehingga sulit BAB. Jambu biji sanggup membantu kelancaran BAB, melindungi pencernaan sehat. Makan satu buah jambu biji saja kita sudah memdapat 12 persen RDA serat. Ini terbukti dalam klarifikasi banyak penelitian wacana ekstrak buah dan juga daunnya sanggup membantu mengobati diare, sembelit dan melawan infeksi pencernaan, oleh sebab ia mempunyai sifat antipasmodic dan antimikroba. 

7. Melindungi hati

Jaga dan rawat hati Anda dengan baik, juga seluruh organ tubuh tanpa terkecuali. Jangan isi dengan banyak sekali makanan berlemak, makanan cepat saji yang lagi viral di mall hingga usia Anda tidak panjang. Jangan konsumsi makanan yang mengandung banyak MSG, tinggi garam, rendah serat. Pilih makanan sehat, banyak sayuran dan buah-buahan segar yang tentunya mempunyai tinggi serat, kaya vitamin C, dan kadar potasium tinggi, sebab sanggup mengurangi kolesterol jahat. Dan jambu biji memenuhi kriteria tersebut.

8. Membantu meredakan stres

Konsumsi buah yang mahir ini sanggup membantu mengendurkan otot tubuh dan saraf yang tegang, sebab ia mempunyai magnesium. Sebuah studi menyampaikan bahwa kiprah penting lain magnesium dalam tubuh yaitu membantu meredakan stres dan mengendalikan kecemasan.

9. Menjaga kesehatan tiroid

Sumber tembaga yang terdapat dalam jambu biji ini diketahui mempunyai imbas paling penting bagi kesehatan tiroid. Bertugas untuk memelihara metabolisme tubuh biar berfungsi dengan baik, selanjutnya mengatur absorpsi dan produksi hormon. Ini sangat terkait dengan pentingnya hormon tiroid sebagai pengatur metabolisme dan energi dalam tubuh kita.

10. Membantu meningkatkan kesehatan visi

Meskipun vitamin A yang dimiliki jambu biji tidak sebanding dengan wortel, namun ia yaitu salah satu sumber nutrisi terbaik. Kaya dengan vitamin C melebihi jeruk, sehingga sanggup membantu meningkatkan kesehatan mata, penglihatan, memperlambat terjadinya katarak dan degenerasi makula yang sering dialami oleh manula.

11. Meningkatkan fungsi kognitif

Untuk menjaga kondisi kesehatan kita secara keseluruhan, maka kita harus mempunyai asupan sayuran dan buah-buahan segar bebas kimia. Karena makanan terlalu banyak pestisida, pupuk, materi pengawet kimia sanggup merusak organ-organ tubuh kita. Lalu kita sanggup terkena penyakit parah yang tidak pernah kebayang samasekali. Untuk itu, mari menentukan makanan atau buah yang minim zat-zat beracun. Ambil jambu biji. Kandungan vitamin B6 [nutrisi] menyehatkan fungsi saraf dan kognitif, vitamin B3 [niacin] merangsang fungsi kognitif  dan vitamin C paling tinggi membuatnya berdaya untuk pertahanan tubuh. Khususnya memelihara fungsi otak.

12. Mengatasi Sembelit

Satu buah jambu biji terdapat 12 persen serat. Jadi, jikalau Anda makan siang hari ini tanpa sayur, tapi memasukan buah ini dalam daftar ngemil, berarti Anda masih memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh,  dan sanggup tetap menjaga pencernaan sehat kita dan membantu pergerakan usus dengan baik biar nantinya kita tidak mengalami sembelit.

Ingat, tidak berarti Anda kemudian menghilangkan sayuran dan buah-buahan lain. Konsumsi bermacam-macam buah dan sayuran segar yaitu benteng pertahanan kesehatan tubuh kita.

13. Menyembuhkan sakit gigi

Cuaca masbodoh paling tidak lezat bagi Anda yang punya gigi berlubang. Ngilu dan sakitnya terasa hingga di kepala. Makan obat kimia yang di jual di toko obat cuma bertahan beberapa jam saja. Bisa-bisa kelebihan dosis. Namanya juga zat kimia, lama-kelamaan ada efeknya. Memang ada cara terbaik lain yaitu Anda pergi ke dokter gigi dan cabut. Tapi, misalkan di dalam lisan Anda ada 4 gigi berlubang, kebayang abis dari dokter gigi Anda pribadi berubah jadi kakek atau nenek…

Ini tandanya Anda terlalu pemalas gosok gigi. [Uh, baunya nggak ketulungan].

Kembali ke pembahasan. Jika Anda sakit gigi, ambil daun jambu biji kemudian kunyah. Ini sanggup menyembuhkan sakit gigi, bisul dalam mulut, gusi bengkak, dan membasmi kuman. Ia yaitu anti-inflamasi tinggi dan sanggup melawan bakteri.

14. Membantu meredakan nyeri haid

Ekstrak daun jambu biji diketahui punya imbas spasmolotik yang sanggup meredakan nyeri dan kram perut pada dikala menstruasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 197 perempuan yang sering mengalami nyeri dikala menstruasi [dysmenorrhea] dan mengonsumsi ekstrak daun tersebut dalam enam ahad membantu mengurangi intensitas rasa sakit dan kekambuhan.

Fakta nutrisi berdasarkan [ USDA]
Jambu biji mentah:
Energi : [68 kkal] Protein : [2,25 g]
Magnesium, Mg : [22 mg] Sodium, Na : [2 mg]
Karbohidrat : [14,32 g] Air : [80,8 g]
Kalsium Ca, : [18 mg] Besi, Fe : [0,28 mg]
Gula : [8,92 g] Fosfor, P : [40 mg]
Total lipid : [0,95 g] Karbohidrat : [14,32 g]
Serat total : [5,4 g] Kalium, K : [147 mg]
Sodium, Na : [0,32 mg] Tiamin : [0,07 mg]
Seng, Zn : [0,23 mg] Niasin : [1,08 mg]
Folat, DFE : [49 µg] Riboflavin : [0,04 mg]
Vitamin A, RAE : [31 µg] Vitamin B-6 : [0,11 mg]
Vitamin D : [0 IU] Kolesterol : [0 g]
Vitamin D, D2+d3 : [0 µg]
Vitamin E Alfa-tokoferol : [0,73 mg]
Vitamin K, phylloquinone : [2,6 µg]
Vitamin C, Total asam askrobat : [228,3 mg]

Khasiat lainnya
1. Mengurangi frekuensi kejang
2. Disentri
3. Mengobati kudis
4. Mengendurkan saraf
5. Mengurangi jumlah hormon sters dlm tubuh
6. Mengurangi infeksi bakteri
7. Mengurangi frekuensi kambuhnya epilepsi
8. Mengurangi stres oksidatif
9. Membantu penurunan berat badan
10. Batuk, masbodoh [menggigil]

Untuk perawatan kecantikan
1. Anti-aging
Konsumsi satu buah jambu biji setiap hari sanggup membantu mengurangi garis-garis keriput di kulit dan wajah Anda. sebab ia kaya degan vitamin C empat kali lipat dari buah-buah lain,  juga lycopen, tinggi antioksidan dan betakaroten.

2. Kencangkan otot wajah
Jambu biji dan daunnya yang masih mentah mempunyai nutrisi yang lebih tinggi. Anda sanggup melihat di sumber SDA. Hal ini sanggup menciptakan otot wajah Anda kencang.

3. Bagus untuk kesehatan kulit
Jika Anda membaca ulasan pada poin-poin di atas, maka semua nutrisi yang ada pada buah ini begitu hebat. Antara lain, vitamin C nya lebih unggul empat kali lipat dibanding buah lain ibarat jeruk, mangga, lemon, dan strauberi. Kaya dengan vitamin A. Mengenai antioksidan, tidak perlu diragukan. Inilah yang berkontribusi untuk mengencangkan kulit Anda.

4. Memperlambat proses penuaan dini
Antioksidan yang tinggi sanggup menangkal radikal bebas yang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, dan membantu memperlambat proses penuaan dini. Juga sifat antimikroba sanggup membasmi basil yang menimbulkan jerawat.

Membuat masker dari jambu biji
a. Ambil 2 buah jambu biji ukuran sedang, potong menjadi beberapa bagian, singkirkan bijinya. Masukkan buah ke dalam blender kemudian blender. Kemudian, campurkan satu sendok makan oatmeal untuk menciptakan pasta.

b. Tambahkan 3 lembar daunnya untuk menambah kualitas astringent masker, sambil dicampur dengan buah. Ini sanggup membantu mengobati jerawat dan noda-noda hitam di wajah. Anda sanggup ganti oat dengan susu bubuk.

c. Sebelum menggunakan masker, bersihkan wajah Anda menggunakan jus jeruk segar. Sekarang aplikasikan masker ke kulit wajah Anda selama 15 menit.

d. Pijat lembut wajah dengan jemari Anda. Lakukan sekali atau dua kali seminggu.

e. Untuk menghaluskan kulit, Anda juga sanggup memadukan setengah cangkir wortel dengan dua buah jambu biji sedang. Seperti biasa belah jambu jadi beberapa potong, kasih air secukupnya, terus dicapur hingga kental. Tambahkan juga setengah sendok teh jus lemon dan madu murni yang asli. Pakai masker tersebut 20 menit. cuci wajah Anda. Lakukan seminggu dua kali.

f. Yang terakhir untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit, memadukan pisang dan jambu biji. Ukuran dan cara buatnya samakan saja dengan poin [e]. Biarkan selama 20 menit di wajah.

Efek samping daun jambu biji
a. Untuk ibu hamil dan menyusui
Sebenarnya daun jambu biji baik untuk dikonsumsi, tetapi sebaiknya ibu hamil dan yang sedang menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsinya.

b. Bisa mengakibatkan kembung
Untuk orang sehat, tidak ada imbas samping. Tetapi jangan makan terlalu berlebihan sebab buah ini padat serat sehingga sanggup terjadi risiko gas dan mengakibatkan perut kembung.

c. Mengganggu pencernaan
Anda dengan kondisi lambung aneh tidak dianjurkan mengonsumsi buah dan daunnya. Dapat mengganggu dinding pencernaan Anda dan mempengaruhi pergerakan usus, sebab seratnya yang tinggi.

d. Menyebabkan sulit BAB
Khusus untuk Anda yang memang sudah mengalami kesulitan BAB.

e. Bisa mengalami anemia
Mengonsumsi daun jambu biji dalam jumlah banyak sanggup besar lengan berkuasa terhadap ginjal, sakit kepala dan anemia.

f. Daun jambu biji sanggup bereaksi dengan obat lain, untuk itu orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan untuk penyakit tekanan darah tinggi atau penyakit lain, tidak dianjurkan.

Demikianlah artikel wacana 14 khasiat mahir jambu biji untuk kesehatan tubuh kita. Semoga berguna.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *