14 Fakta manfaat sehat sayur brokoli untuk tubuh. Sayuran hijau yang sering kita temui di pasar ini ternyata mempunyai begitu banyak manfaat sehat. Ia merupakan rumpun dari kubis, kembang kol dan kale. Kalau kita gres pertama kali menyantap sayur ini dengan cara dikukus atau rebus niscaya terasa kurang pas di lidah, lantaran rasanya menyerupai kayu. Tapi inilah cara benar untuk mendapat nutrisi terbaiknya. Malahan ada sebagian orang yang makan dalam kedaan mentah.

Banyak sekali manfaat sehatnya yang patut kita jadikan sebagai sayuran andalan keseharian. Ia tidak cuma dikukus atau rebus saja. Kita bisa menumis atau oseng-oseng dicampur dengan tempe. Atau masak dalam bentuk cap-cay. Tambahkan daging atau ayam tanpa lemak. Terserah kreasi kamu. Kalau saya paling suka dicah pake bawang putih campur bakso.

 Fakta manfaat sehat sayur brokoli untuk tubuh 14 Fakta Manfaat Sehat Sayur Brokoli Untuk Tubuh
Brokoli. Pixabay Images

Brokoli merupakan sayuran silangan tinggi vitamin C lebih banyak dari jeruk dan populer dengan aneka macam manfaat kesehatannya menyerupai mengurangi kadar kolesterol, cegah diabetes, kanker, alergi, sehatkan pencernaan, sebagai detoks, menjaga kekebalan tubuh, menstabilkan tekanan darah, untuk kecantikan kulit, rambut. Sedangkan kalsiumnya setara dengan susu dan masih banyak lagi yang akan saya ulas di dalam artikel ini.

1. Membantu dalam mencegah kanker

Beberapa penelitian menyampaikan bahwa mengonsumsi rutin brokoli dan sayuran silangan lainnya dengan jumlah normal sanggup membantu mencegah aneka macam jenis kanker seperti; usus besar, kolorektal, payudara, rahim, prostat, hati, paru-paru, kandung kemih. Jika kita konsumsi sebanyak tiga porsi brokoli dalam seminggu, itu berarti bisa menurunkan risiko kanker hingga 60 persen. Senyawa glucoraphanin, sulforaphane, diindolylmethane, beta-carotene, isothiocyanate, yang ada dalam sayuran inilah yang sanggup membantu memerangi sel-sel kanker itu.

Selain itu ada pula nutrisi lain yang berfungsi sebagai distributor anti-kanker yaitu vitamin  A, C dan E, asam amino, seng dan kalium. Brokoli pun diketahui kaya dengan serat.

2. Menjaga kesehatan jantung kita

Brokoli juga membantu memelihara pembuluh darah kita semoga tetap sehat. Hal ini sangat terkait pribadi dengan kesehatan jantung. Adapun sulforaphane yang terdapat dalam sayuran ini bisa mencegah terjadi kerusakan pada pembuluh darah oleh lantaran kondisi gula yang parah. Sebenarnya apa itu sulforaphane? Menurut UniversitatsKlinikum Heilderberg, sulforaphane yaitu materi yang ditemukan dalam keluarga tumbuhan silangan yang punya imbas paling penting menyerupai kembang kol, brokoli, dan semua jenis kubis.

Sementara itu sebuah penelitian menyampaikan bahwa bila kita makan brokoli dengan jumlah normal, menciptakan jantung kita berfungsi dengan baik dalam memompa ajaran darah, dan juga melindungi kita dari kekurangan oksigen juga meminimalkan risiko jantung koroner.

Penelitian lain yang dilakukan pada tikus dengan cara diberi makan brokoli menunjukkan bahwa imbas derma yang berpengaruh terhadap janjkematian sel dan stres oksidatif di jaringan jantung setelah terjadi serangan jantung.

3. Menjaga kestabilan tekanan darah

Kandungan kromium yang sangat kaya dalam brokoli sanggup membantu kinerja insulin dengan baik sekaligus mengatur gula darah, sehingga tekanan darah kita pun stabil. Kemudian potasium yang juga terdapat dalam brokoli merupakan vasodilator yang membantu melancarkan ajaran darah ke seluruh organ tubuh kita dan menurunkan stres, ketegangan terhadap pembuluh darah. Hal ini sanggup menjaga kita dari serangan jantung dan stroke.

4. Membantu mengontrol gula darah

Ada istilah diabetes yaitu ibu dari aneka macam penyakit dalam tubuh kita. Ia dikatakan sebagai silent killer. Ini sangat angker bagi saya, dan mungkin juga semua orang. Penyakit diabetes ketika ini belum bisa disembuhkan total. Artinya, seumur hidup kita akan konsumsi obat bila sudah terkena penyakit diabetes. Namun, orang dengan kondisi diabetes sanggup bertahan hidup hingga usia lanjut dengan mempunyai gaya hidup sehat. Menjaga contoh makan dan olah raga.

Mengonsumsi brokoli merupakan salah satu pilihan sayuran yang bagus untuk mereka yang hidup dengan diabetes, lantaran sanggup membantu mengontrol gula darah yang efektif bagi penderita. Pada tahun 2012 International Journal of Food Sciences and Nutrition menertbitkan sebuah penelitian mengenai kecambah brokoli sanggup memperbaiki resistensi insulin pada pasien diabetes tipe-2. Ini lantaran tugas kaempferol dan sulforaphane untuk menurunkan gula darah pada penderita diabets.

5. Menjaga kesehatan otak

Seperti kita ketahui, ada dua nutrisi yang sangat penting dari brokoli dalam menjaga kesehatan otak yaitu kolin dan vitamin K yang sanggup membantu meningkatkan kemampuan memori dan kognitif. Selain itu, sulforaphane dalam brokoli telah terbukti membantu meningkatkan memori parsial setelah seseorang mengalami cedera traumatis.

6. Melindungi hati

Brokoli sanggup membantu melindungi kita dari penyakit kanker hati. Konsumsi brokoli rutin dalam seminggu dengan porsi normal bisa menambah kadar enzim dan menjaga hati kita dari kerusakan. Selain itu, brokoli juga bisa menjaga fungsi hati kita dalam tahap optimal. Adapun penyakit hati berlemak nonalkohol [NAFLD] bekerjasama dengan kelebihan lemak hingga sanggup mengakibatkan sirosis dan kanker hati. Pada tahun 2016, Journal of Nutrition menerbitkan laporan tahunan Dr. Elizabeth Jeffrey dari University of Illinois, AS, yang menyampaikan bahwa memasukkan sayuran brokoli ke dalam diet Anda, bisa mencegah kemungkinan yang memengaruhi trigeliserida hati dan hati.

7. Menyehatkan pencernaan

Brokoli mempunyai serat yang berlimpah juga tinggi antioksidan sehingga sanggup menyehatkan pencernaan kita. Selain itu, sanggup menjaga fungsi usus dan menstimulasi pergerakan usus dengan baik. Brokoli juga sanggup membantu menyembuhkan sembelit. Sebuah studi pada insan yang di lakukan belum usang ini menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi brokoli tidak mengalami kesulitan dalam BAB dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi. [ Hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut].

8. Membantu mengurangi peradangan

Senyawa bioaktif yang terdapat pada sayuran ini sudah terbukti menurunkan peradangan dalam tubuh kita. Journal of Food Sciences and Nutrition telah menerbitkan sebuah studi pada tahun 2014, menunjukkan bahwa brokoli punya imbas anti-inflamasi dan antioksidan sama dengan vitamin C, sulforaphane, magnesium, kaempferol, dan magnesium dan masih banyak lagi, sehingga menjadikan brokoli bagus untuk mengurangi peradangan. Jadi, yang hidup dengan kondisi peradangan jangan segan makan brokoli ya.

9. Menambah sistem kekebalan

Vitamin C dan antioksidan tinggi yaitu alasan utama dari brokoli sebagai penambah sistem kekebalan tubuh yang paling baik. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C berperan penting dalam pengobatan dan pencegahan aneka macam penyakit pada manusia. Asupan harian 100-200 miligram vitamin C sanggup membantu mencegah bisul tertentu.

10. Menjaga kesehatan tulang

Brokoli merupakan sumber terbaik dari vitamin K, kalium, magnesium, kalsium, fosfor dan seng. Adapun tugas penting brikoli yakni membantu menjaga kepadatan mineral tulang, dan paling penting lagi untuk pembentukan osteocalcin berupa protein yang terdapat pada tulang. Ini sangat mempunyai kegunaan untuk ibu hamil, belum dewasa yang sedang dalam pertumbuhan dan orang tua, mengingat mereka sanggup mengalami kekurangan kalsium, lemah tulang, gigi dan sangat rentan terhadap osteoporosis.

11. Berguna untuk penderita anemia

Ciri khas dari penderita anemia yaitu wajah yang pucat dan sering pusing dan lemas. Mungkin brokoli sanggup membantu kondisi menyerupai diatas, lantaran ia mengandung protein dan zat besi yang baik. Selain itu, terdapat pula tembaga yang merupakan salah satu mineral paling penting dalam memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

12. Membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Tercatat beberapa nutrisi penting dari brokoli yang sanggup meningkatkan metabolisme tubuh kita menyerupai serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin D, dan folat. Serat yang tinggi dari brokoli ini menunjukkan imbas termis dari makanan, dan khususnya bertanggung jawab untuk melindungi fungsi tubuh kita.

13. Sebagai detoksifikasi tubuh

Ia dikatakan sebagai ‘detoksifikasi’ lantaran punya vitamin C yang sangat tinggi. Kemudian asam amino dan belerang juga antioksidan yang mempunyai kemampuan untuk menangkal racun dan radikal bebas. Kemudian sulforaphane dalam tunas brokoli membantu memelihara sel-sel aerobik dari kerusakan dengan menginduksi jaringan enzim detoksifikasi. Selain itu, ia juga menekan respon inflamasi. Berdasarkan studi lain, mereka yang mengonsumsi teh tunas brokoli ditemukan mempunyai tingkat detoksifikasi yang lebih baik.

14. Memiliki nutrisi baik untuk kehamilan

Ibu hamil sanggup mengonsumsi brokoli dengan porsi normal [ingat tidak berlebihan]. Brokoli punya nutrisi yang sangat penting yang mempunyai kegunaan untuk ibu di masa kehamilannya. Ia mengandung zat besi, kalsium, vitamin, antioksidan dan fosfor. Brokoli juga sumber vitamin B yang baik yaitu vitamin B9, dikenal sebagai folat. Folat merupakan nutrisi penting bagi perkembangan sumsum tulang belakang dan janin. Sehingga tidak terjadi cacat pada bayi.

Fakta nutrisi brokoli berdasarkan USDA
Ukuran Porsi: 1 cangkir cincang brokoli mentah (91 gram)
Jumlah Per Penayangan
Kalori 31 – Kalori dari Fat 3.1
—————————-
Nilai Harian 1%
—————————-
Total Lemak 0,3 gram – 1%
Lemak Jenuh 0g gram – 0%
Lemak trans 0 gram
Kolesterol 0 miligram – 0%
Sodium 30 miligram – 1%
Kalium 288 miligram – 2%
Total Karbohidrat 6 – 2%
Serat diet 2.4 gram – 10%
Gula 1,6 gram
Protein 2,6 gram
—————————
Vitamin A 11%
Vitamin C 135%
Kalsium 4,3%
Besi 3,7%
Persen Nilai Harian didasarkan pada diet kalori 2000.

Fakta sehat lain dari brokoli

  • Membantu menurunkan berat badan
  • Membantu menjaga kadar pH tubuh.
  • Membantu mencegah kerusakan sel di mata dan stres oksidatif lantaran zeaxanthin dan antioksidan di dalamnya
  • Membantu memperlambat proses penuaan
  • Membantu mengurangi alergi
  • Membantu meningkatkan kesehatan seksual pria 
  • Mendukung kesehatan lisan dan gigi

Efek samping dari brokoli bila dikonsumsi setiap hari dalam jumlah banyak

1. Bisa menambah risiko hipoglikemia
Memang brokoli baik untuk penderita diabetes, tetapi bila dikonsumsi berlebihan sanggup mengakibatkan gula darah turun sangat rendah [hipoglikemia] disertai dengan tanda-tanda menyerupai pusing, mata kabur, pucat, lelah, jantung berdetak dengan cepat, sangat haus dan lapar. Sebaiknya makan brokoli dalam jumlah terbatas saja. Brokoli juga bisa mengganggu obat yang sedang dikonsumsi pasien diabetes. Harus hati-hati.

2. Gas atau Iritasi Perut
Mereka yang punya duduk kasus usus atau diare disarankan untuk menghindari makan brokoli lantaran sanggup memperburuk kondisi. Menurut American Cancer Society, mengonsumsi kecambah brokoli serat tinggi bisa mengiritasi jalan masuk pencernaan kita.

3. Orang dengan duduk kasus pencernaan [ penyakit asam lambung] juga lebih baik tidak makan brokoli lantaran sanggup mengiritasi jalan masuk pencernaan. Saya sendiri mencicipi hal ini. Saya pikir brokoli punya banyak nutrisi dan vitamin sehingga tidak mempengaruhi lambung, ternyata beberapa ketika setelah makan saya mencicipi sakit.

4. Terlalu banyak makan brokoli perut menjadi kembung.

5. Brokoli sanggup mengakibatkan reaksi alergi menyerupai mengi, sakit kepala, sakit perut, ruam kulit. Kaprikornus bila kau alergi terhadap sayuran ini, lebih baik hindari saja.

6. Meskipun brokoli baik untuk ibu hamil, namun ibu disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya, lantaran sanggup menciptakan sakit perut dan gas di usus.

7. Penderita darah tinggi dan sementara minum obat, maka kau harus makan brokoli dalam jumlah sedang lantaran terlalu banyak potasium dalam tubuh bisa mengganggu pengobatan.

8. Konsumsi brokoli berlebihan juga sanggup menurunkan tekanan darah kita ke tingkat paling rendah hingga kita merasa kelelahan, mual dan pusing.

9. Brokoli sanggup memperburuk orang dengan penyakit tiroid bila dikonsumsi melebihi batas.

Brokoli untuk perawatan rambut

1. Mengatasi rambut rontok
Vitamin C yang tinggi juga vitamin B dan A yaitu keunggulan sayuran ini dalam menangkal radikal bebas sehingga bisa membantu menguatkan folikel rambut, melembabkan rambut dan balasannya rambut kau tidak simpel rontok.

2. Membuat rambut berkilau
Ada kelebihan lain dari brokoli yaitu minyak dari bijinya mengandung asam lemak omega-3 yang sama menyerupai silikon yang biasanya ada dalam sampo, dan ia berperan menjadikan rambut berkilau alami tanpa menyisakan materi kimia pada folikel rambut.

Untuk perawatan kulit

1. Membantu Memperlambat garis-garis kerutan di kulit
Jika kau mau punya kulit sehat tidak hanya dengan perawatan dari luar saja, tapi juga dari dalam dengan cara mengonsumsi buah dan sayuran segar di antaranya yaitu brokoli. Kandungan vitamin C juga antioksidan tinggi juga nutrisi dan mineral penting berperan sebagai anti penuaan.

1. Mengatasi jerawat
Brokoli yaitu sumber seng paling baik yang bisa mengatasi jerwat di wajah Anda. Konsumsi brokoli dalam jumlah normal sanggup membantu menghilangkan jerwat dan menciptakan kulit higienis dari flek-flek hitam.

3. Berperan sebagai antiaging
Brokoli memerangi proses penuaan melalui senyawa yang disebut nicotinamide mononucleotide [NMN] yang ada di dalamnya memproduksi senyawa yang memicu metabolisme dan mencegah perubahan genetik yang akan mengakibatkan pada penuaan dini.

4. Melindungi kulit dari Sinar UV
Kandungan phytonutrisi yang signifikan pada brokoli sanggup melindungi kulit dari paparan sinar UV yang tidak menguntungkan.

Demikian artikel wacana 14 fakta manfaat sehat sayur brokoli untuk tubuh. Semoga berguna.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *