13 Keajaiban tomat untuk kesehatan jantung dan diabetes dan mencegah kanker. Harga tomat yang relatif murah menyingkirkan alasan kita untuk tidak mengonsumsinya setiap hari. Mengingat tomat punya aneka macam macam vitamin dan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Selain mutlak sebagai variasi sayur tambahan, tomat juga sering diplesetkan dalam urusan cinta. Misalnya; hari ini kutunggu dirimu di dapur cinta hatiku… cepatlah kemari I love you tomat..😊

Bukan cuma untuk melawan aneka macam penyakit, tomat juga sanggup dijadikan aneka macam kuliner atau dicampurkan dalam banyak kuliner terkenal. Misalnya, pitza, bikin tomat saus, sambal, saus untuk lapisan hamburger. Lainnya Anda tambahkan sendiri. Kalau di tempat Manado tomat paling terkenal untuk dabu-dabu. 

Meskipun harganya sangat terjangkau, segala yang berkaitan dengan kesehatan dalam buah atau sayuran ini setara dengan buah-buah mahal lainnya. Bahkan tomat dikatakan oleh para hebat sanggup mengganti apel dengan semboyan “sehari satu tomat sanggup menjauhkan dokter darimu.”  Saya sih selalu berdoa, semoga saya berjauhan dengan dokter. Artinya sehat! Makanya, mari makan tomat dan juga buah-buahan lainnya.

 Keajaiban tomat untuk kesehatan jantung dan diabetes dan mencegah kanker 13 Keajaiban Tomat Untuk Kesehatan Jantung, Diabetes Dan Mencegah Kanker
Buah tomat. Pixabay Images

Tak sanggup disangkal lagi, tomat penuh dengan mineral. Sebuah tomat saja sudah tersedia 40 persen vitamin C, dan kita tahu bahwa tugas vitamin C ini begitu penting sebagai antioksidan yang benar-benar sanggup menghalau radikal bebas yang mengakibatkan seseorang terjangkit kanker. Kemudian vitamin K menjaga biar tidak terjadi pembekuan darah, mengatur pendarahan, zat besi berfungsi untuk mengendalikan sirkulasi darah kita, dan kalium berperan besar untuk melindungi saraf, 

Nama ilmiah tomat ialah solanum lycopersicum. Melihat begitu banyak tugas sehat tomat untuk badan ibarat mendetoksifikasih badan kita, menjaga anutan darah, menurunkan kadar kolesterol, menjaga ginjal, pencernaan sehat, lindungi ginjal, jantung sehat, meminimalkan terjadinya peradangan, kanker, penuaan dini dan masih banyak lagi yang niscaya akan kita temui dalam ulasan selanjutnya.

Pilihlah tomat organik, lantaran tidak terpapar oleh materi kimia pestisida dan insektisida. Tomat merupakan taman yang disemprot paling tinggi. Tomat ceri nutrisinya lebih tinggi dari pada tomat biasa.

1. Sangat mempunyai kegunaan untuk melindungi jantung dan sesudah terjadi serangan jantung

Mengapa tomat dikatakan sanggup melindungi jantung? Itu lantaran ia mempunyai serat, beta-karoten, vitamin C, A, kolin, antioksidan yang tidak lain ialah lycopen, lycopene merupakan karoten berwarna merah segar pada tomat, dan kalium yang sangat mempunyai kegunaan bagi jantung. Asupan kalium yang tinggi serta mengurangi natrium ialah sebuah contoh yang sangat berperan penting bagi setiap orang untuk menurunkan risiko penyakit jantung di level terendah. Kemudian buah ini juga diketahui sebagai pelindung tepat otot dari kerusakan, meminimalkan produksi kerikil ginjal dan mengontrol kepadatan mineral tulang.

Tercatat dalam dua penelitian terhadap 212 para pasien yang menderita gagal jantung yang mengonsumsi lycopen dengan jumlah banyak dari tomat kuat besar meningkatkan usang hidup dibandingkan dengan mereka yang rendah lycopen. Penelitian lain menunjukkan pula bahwa kadar lycopen dalam darah yang tinggi mempengaruhi tingkat ajal lebih rendah bagi mereka dengan kondisi sindrom metabolik, yang mana mempunyai indikator kemungkinan risiko stroke, jantung dan diabetes. Kita di harapkan makan tomat dalam kondisi benar-benar segar.

2. Melindungi penderita diabetes

Orang dengan kondisi diabetes tipe-2 perlu mengonsumsi tomat rutin [jumlah normal] sanggup membantu menurunkan tingkat stres oksidatif. Hal ini ibarat yang telah dikatakan oleh Journal of American Medical Association dalam penelitiannya. Tomat ialah kuliner yang sanggup melindungi para penderita diabetes.

Penelitian lain pun menyampaikan bahwa, mereka yang mengonsumsi tomat matang dalam waktu 30 hari, maka peroksidasi lipid berkurang, menunjukkan reaksi saling terkait dengan zat yang disebut [radikal bebas] yang menimbulkan kerusakan dan menyerang lemak, sehingga menimbulkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke yang bersumber dari diabetes.

Penelitian yang dilakukan di jurnal Cell Biokimia dan Biofisika oleh beberapa ilmuan yang dalam eksperimennya mereka membuat kondisi diabetes terhadap hewan, kemudian memberi makan beberapa lycopen dan lainnya tidak. Ternyata biokimia binatang yang diberi makan lycopen tersebut menjadi normal, sedangkan yang lain tetap sama [pada tingkat diabetes]. Dengan demikian lycopen yang terdapat pada tomat menjanjikan membantu mereka dengan kondisi diabetes.

The American Diabetes Association merekomendasikan makan setidaknya 38 g per-hari untuk laki-laki dan 25 g serat per-hari untuk wanita. Diketahui satu cangkir tomat ceri menyediakan sekitar 2 gram serat.

3. Kanker

Penelitian paling gres yang dilakukan dalam jurnal Molecular Cancer Research, mereka mengaitkan konsumsi kaya betakaroten untuk memerangi berkembangnya tumor kanker prostad pada pria. Seperti diketahui, tomat merupakan sumber vitamin C serta antioksidan yang sangat baik bagi badan kita, juga memilki senyawa tanaman penting yaitu lycopene. Tomat sanggup membantu menghadang radikal bebas yang sangat berbahaya yang diyakini juga merupakan salah satu aktivis kanker.

Diet tinggi betakaroten, lutein, lycopene, zeaksantin, dan serat yang berasal dari buah-buahan dan sayuran sanggup membantu melawan kanker prostat, mengurangi risiko kanker koloretal, kanker usus besar, kanker payudara, dan paru-paru. Ini berdasarkan penelitian Journal of National Cancer Intitute. Tentunya diikuti dengan gaya hidup sehat.

Konsumsi tomat rutin dengan jumlah normal dalam keseharian sangat mempunyai kegunaan dan menguntungkan untuk kesehatan. Sehingga di banyak negara sudah diterapkan diet tomat. Praktis didapat, harga tidak mahal, tetapi berlimpah manfaatnya. Saya harap kita tidak hanya melirik buah atau sayuran yang mahal harganya. Tetapi sesudah membaca ulasan artikel ini, eksklusif terapkan diet tomat.

4. Hipertensi

Pasien hipertensi kalau mengonsumsi tomat selama 7 ahad sanggup membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Peneliti dari Israel telah menemukan biji tomat sanggup membantu menurunkan tekanan darah yang sangat baik. Sebuah Survei Pemeriksaan dan Gizi Nasional [NHANES] menyampaikan bahwa kurang dari 2 persen orang remaja di Amerika yang sudah mencukupi standar asupan harian yang dianjurkan ialah 4.700 mg. Asupan natrium dan kalium yang sangat baik diyakini sanggup membantu menurunkan risiko kematian.

Selain itu, peneliti dari Israel telah menemukan bahwa biji tomat sanggup membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol. Penelitiannya terhadap orang yang mengonsumsi tomat setiap hari, dan mereka mencatat terjadi penurunan tekanan darah pada mereka dengan kondisi hipertensi.

5. Menurunkan risiko terjadinya stroke

Jurnal Harvad Health Letter mengemukakan bahwa diet yang kaya akan tomat sanggup membantu mencegah kita dari stroke. Hal ini lantaran tugas besar lycopen dalam buah tersebut.

6. Menghindarkan kita dari penggumpalan darah

Buah tomat mempunyai kelebihan yang sangat besar dalam membantu menghindarkan kita dari terjadinya pengumpalan darah. Adapun lycopen, niacin, dan vitamin C yang kuat pada buah ini menjadi alasan mengapa kita harus mengonsumsinya. Bijinya yang dikelilingi oleh lapisan lendir yang sanggup membantu biar darah kita tetap lancar, sehingga jantung kita pun menjadi sehat.

Sebuah penelitian yang dicatatkan dalam jurnal Archives of Medical Science belum usang ini menemukan bahwa ekstrak buah tomat sanggup menjadi pilihan yang baik untuk aspirin untuk mereka yang mempunyai risiko tinggi sakit jantung dan kondisi hipertensi.

Ingat, Orang-orang dengan kondisi jantung dan hipertensi ini harus mempunyai gaya hidup yang sehat, dan tetap ikuti proposal dokter.

7. Menjaga hati

Jangan hanya menentukan buah apel atau buah-buahan mahal yang lain saja, sedangkan tomat kita abaikan. Beli tomat di pasar bila perlu setiap hari, kemudian konsumsi lantaran tomat juga sangat baik untuk memelihara kesehatan hati.

8. Membatu pencernaan sehat

Tomat diketahui sanggup membantu melindungi pencernaan kita biar tetap sehat sehingga terhindar dari yang namanya diare juga sembelit. Mungkin yang jarang kita ketahui bahwa ternyata tomat juga sanggup mencegah penyakit kuning. Serat tinggi yang dimilikinya sanggup pula membantu merangsang pergerakan usus. Ini sangat efektif menjaga pencernaan kita, sehingga mencegah risiko kanker kolorektal. [Sebaiknya mereka yang sakit maag, asam lambung tidak makan tomat].

9. Berguna untuk orang dengan osteoporosis

Sebuah penelitian yang belum usang ini yang tercatat di dalam Journal of Nutritional Biochemistry telah menemukan bahwa licopen yang terdapat dalam buah tomat sanggup membantu mencegah osteoporosis.

10. Membantu meningkatkan penglihatan 

Tomat juga sanggup membantu memelihara mata, dan menjaga mata kita terhadap kerusakan ringan lantaran ia mempunyai vitamin A terutama pada bijinya yang diketahui berkaitan dengan kesehatan mata [penglihatan]. Jika kita kekurangan vita A, maka sanggup berakibat rabun senja dan degenerasi makula [jelang usia tua]. Tomat juga melimpah zeaxanthin, betakaroten, dan lutein.

11. Infeksi jalan masuk kemih

Makan tomat dengan jumlah normal selain baik untuk kesehatan secara umum juga sanggup membantu meminimalkan risiko terjadinya bisul jalan masuk kemih, lantaran tomat mengandung banyak air, sanggup merangsang untuk kita buang air kecil.

12. Paru-paru

Beberapa penelitian menyampaikan bahwa tomat sanggup bermanfaat bagi orang yang menderita asma dan sanggup membantu mencegah emfisema, suatu kondisi yang secara perlahan merusak kantung udara di paru-paru. Itu mungkin lantaran likopen, lutein, dan zeaxanthin, di antara antioksidan lain, melawan zat berbahaya dalam asap tembakau, yang merupakan penyebab utama emfisema. Para ilmuwan sedang mencoba untuk berguru lebih banyak wacana efek-efek itu.

13. Meningkatkan daya tahan badan

Tomat ialah sumber kaya vitamin C, betakaroten, antioksidan yang sanggup pula membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga kita sanggup kuat dari infeksi. Melawan radikal bebas yang kuat jelek terhadap sel-sel tubuh.

Selain itu juga terdapat keajaiban lain dari tomat
1. Menjaga kesehatan mulut
2. Membantu merangsang pembakaran lemak
3. Membantu gerakan usus normal
4. Bagus untuk tulang juga gigi
5. Membantu melindungi kita dari radikal bebas
6. Biji tomat membantu menurunkan kolesterol
7. Baik untuk ibu hamil lantaran mempunyai folat [namun dalam jumlah normal]
8. Agen anti-inflamasi

Vitamin [termasuk sumber USDA]
Jumlah Per porsi Yang Dipilih % DV
Vitamin A 1241 IU 25%, Retino l0,0m cg
Aktivitas Retinol Setara 62,6 mcg
Alpha Carotene 151 mcg, Beta karoten 669 mcg
Beta Cryptoxanthin 0,0 mcg, Likopen 3834 mcg
Lutein + Zeaksantin183 mcg, Vitamin C 18,9 mg 32%
Vitamin D Vitamin E (Alpha Tocopherol) 0,8 mg 4%
Beta Tocophero l0,0, Gamma Tocopherol 0,2 mg
Delta Tocophero l0,0 mg, Vitamin K11.8 mcg 15%
Thiamin 0,1 mg 4%, Riboflavin 0,0 mg 2%
Niasin 0,9 mg 4%, Vitamin B 0,1mg 6%
Folat 22,3 mcg 6%, Makanan, Folate 22,3 mcg
Asam folat 0,0 mcg, Diet Folat Setara 22,3 mcg
Vitamin B 120,0 mcg 0%, Asam pantotenat 0,1 mg %
Choline 10,0 mg, Betaine 0,1 mg

Tomat untuk perawatan kulit

1. Mengecilkan pori-pori
Lelehkan kira-kira lima tetes jus tomat ke satu sendok makan air dan pakaikan di wajah menggunakan bola kapas. Pijat lembut kulit perlahan dengan adonan ini kemudian tinggalkan selama 15 menit.

2. Menghaluskan kulit
Belah dua buah tomat menjadi beberapa cuilan kemudian gosok dengan lembut eksklusif ke kulit kamu, dan rasakan perbedaan pada kulit. Wajah kau akan tampak higienis halus dan bercahaya. Silahkan dicoba ya.

3. Mengurangi tanda atau garis-garis penuaan
Dengan perawatan rutin menggunakan tomat, maka sanggup memperkecil gari-garis kerut pada kulit kamu. Buah ini mengandung vitamin C yang bagus, dan itu membuat kulit tampak lembab juga infinit muda.

4. Menangkal radikal bebas
Ia dikenal sanggup menjadi tabir surya alami untuk kulit. Antioksidan tinggi. Yang terpenting ialah sanggup melindungi kulit dari sinar ultra violet yang sangat merusak.

5. Menghilangkan stres pada kulit
Kulit juga sanggup stres. Kalau kulit sudah stres, jadi kusam, tidak lembab. Tomat sanggup membantu kau mengatasi persoalan ini. Ekstrak buah ini juga diyakini sanggup digunakan sebagai krim mata untuk menyegarkan dan merilekskan mata.

6. Astringent
Buatlah ramuan tomat dicampur dengan alpukat sesuai kebutuhan. Kamu sanggup blender adonan ini supaya lebih gampang dan tidak repot. Aplikasikan ke kulit wajah kamu. Jangan lupa bersihkan dulu wajahnya ya. Tinggalkan selama 30 menit. Cuci pakai air hangat.

7. Pemutih kulit alami
Mau memutihkan kulit? Jangan pakai materi kimia. Coba ramuan tomat yang sanggup membantu memutihkan kulit kamu. Dijamin tidak ada imbas samping. Silahkan ambil satu sendok teh yogurt, satu sendok makan tomat yang sudah dihaluskan, satu sendok teh oatmeal. Campur semua materi yang saya sebutkan di atas. Bersihkan wajah kamu, dan aplikasikan di wajah, leher 30 menit.

8. Mengangkat sel kulit mati
Bisa dikatakan fungsinya ibarat scrub. Membantu mengangkat sel kulit mati yang mengganggu kecerahan kulit dan sanggup menutup pori-pori kulit. Blender tomat, masukkan satu sendok teh gula pasir. Aplikasikan ke wajah, kemudian pijat lembut memutar pakai jari-jaritangan kamu.

Tomat untuk perawatan rambut

1. Membantu mengatasi rambut rontok
Jika rambut kau rontok, jus saja buah tomat sesuai kebutuhan. Pakaikan jus tomat bersama ampasnya ke rambut. Tunggu 30 menit, lansung mandi. Lakukan tiga kali dam seminggu.

2. Rambut kusam dan kering lantaran menggunakan produk kimia
Tomat juga mempunyai fungsi yang sama dengan alpukat, sanggup melembabkan rambut, membuat rambut bercahaya dan menyuburkan rambut. Jus tomat beberapa buah, campur dengan minyak dan eksklusif terapkan ke rambut. Tunggu 30 menit, bersihkan. Gampang kan?

3. Hilangkan dan obati ketombe
Siapa yang damai kalau punya piaraan ketombe? Sangat tidang suka, lantaran kulit kepala terasa gatal dan kalau tidak tahan, maka kita akan menggaruknya. Tanpa sadar kepala berdarah. Wah sanggup infeksi. Apalagi kena kuku yang tidak bersih. Tunggu apa lagi? Segera atasi dengan tomat. Jus tomat, campur dengan 2 sendok makan lemon. Caranya sama dengan di atas.

4. Sebagai kondisioner rambut
Gunakan beberapa tetes minyak tomat di tangan kau dan oleskan ke rambut. Ini sanggup dijadikan pengganti kondisioner alami dan tidak perlu dibilas.

Jus tomat. StockSnap Images

Saya ialah seorang pencinta jus. Setiap hari membuat jus sendiri di rumah. Selain puas dengan buatan sendiri, kebersihannya terjamin. Memakai es kerikil dari air yang dimasak, dan buah-buah yang akan dijus dicuci bersih. Saya juga rajin googling ke situs-situs terpercaya untuk menerima isu wacana variasi jus tomat dengan beberapa sayuran lain, ibarat untuk smoothie.

Ingat ya, kalau kau ingin sehat, jangan campurkan jus tomat dengan gula dan susu cair kalengan yang nggak kebayang gulanya seberapa tinggi. Manisnya minta ampun.

Jus tomat segar dan smoothie ala Foodviva.com
Bikin jus tomat bukan masalah sulit. Nggak perlu dimasak segala. Tinggal ambil beberapa buah tomat segar, basuh hingga bersih. Kemudian ambil sayuran lainnya untuk campuran. Kamu sanggup lihat di bawah ini.

1. Jus Tomat Segar
Membuatnya hanya 10 menit
Untuk: 2 porsi

Bahan
a. Potong 6 buah tomat, buang bijinya
b. Kupas dan potong 2  buah wortel
c. Potong 1 batang seledri
d. Lada hitam 1/4 sendok teh
e. Garam
f. 2 Es batu

Cara membuat
1. Taruh wadah kosong di bawah nosel ekstraktor jus kemudian proses tomat, wortel dan seledri.
2. Setelah proses jus selesai, masukkan lada hita dan garam dalam jus yang sudah diekstraksi dan aduk rata.
3. Masukkan juga es kerikil dalam gelas saji cuek dan tuangkan jus di atasnya.
Sajikan, dan segera dikonsumsi.

Smoothie tomat minuman tomat yang mempunyai gizi tinggi, sehat dan rendah kalori sehingga Anda tidak perlu kuatir mengonsumsinya. Merupakan variasi jus tomat pakai es yang yummy dan segar.

2. Smoothie Tomat
25 menit persiapan
Untuk 2 porsi

Bahan
a. Tomat ukuran sedang 4 buah
b. Tomat jus 1/2 cangkir, atau sesuai kebutuhan Anda
c. Kupas dan potong 1 buah wortel sedang
d. Potong 1 tangkai seledri
e. Lada hitam 1/4 sendok teh
f. 6 Es Batu
g. Jus lemon 2 sendok teh
h. Garam

Cara membuat
1. Potong tomat menjadi empat cuilan kemudian taruh dalam freezer 20 menit
2. Masukkan tomat beku, jus tomat, seledri cincang, wortel cincang, lada hitam dan garam dalam blender. Blender hingga halus.
3. Peras jus lemon dan tambahkan es batu. Haluskan lagi pada kecepatan tinggi selama 30 detik hingga tekstur halus.
4. Smoothie tomat yang kental sudah siap, tuang ke dalam gelas saji yang cuek dan sajikan

Tips
1. Sesuaikann saja merica dan garam berdasarkan selara masing-masing
2. Taburkan sejumput bubuk bawang kering atau bubuk bawang putih kering

Pilihan terbaik untuk diminum ketika kau sedang diet.

Harap perhatikan beberapa imbas samping terlalu banyak makan tomat

1. Refluks Asam
Orang dengan kondisi asam lambung, maag, diperlukan tidak mengonsumsi tomat. Baik tomat mentah maupun sudah dimasak, lantaran tomat sangat asam. Tomat sanggup memperburuk tanda-tanda GERD [gastroesophageal reflux disease]. University of Maryland Medical Center, mengemukakan bahwa pilihan terbaik bagi kita ialah hindari kuliner asam ibarat tomat biar terhindar dari tanda-tanda refluks asam.

2. Mempengaruhi ginjal
Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat telah menerbitkan sebuah laporan sebagai berikut; orang yang mempunyai kondisi ginjal kronis harus mengurangi kalium, dan tidak mengonsumsi tomat. Hindari juga beberapa produk tomat, antara lain saus tomat.

3. Iritasi usus
Khusus bagi penderita IBS, hindari konsumsi tomat lantaran sanggup mengakibatkan kembung. Biji tomat juga sanggup menimbulkan sindrom iritasi usus.

4. Bisa mengakibatkan sakit perut akut
Konsumsi tomat yang berlebihan sangat tidak dianjurkan. Apalagi bagi penderita maag dan refluks asam. Hal ini sanggup berakibat pada gangguan pencernaan akut.

5. Alergi
Selain beberapa imbas di atas, makan tomat juga sanggup mengakibatkan alergi bagi individu tertentu. Tenggorokan berasa gatal, ruam kulit, bersin. Bengkak di mulut, bibir, pengecap juga wajah. Jika kau makan tomat dan mencicipi reaksi tersebut, segera hentikan.

6. Pernapasan
Departemen Pertanian Amerika Serikat menyampaikan bahwa tomat sanggup mengakibatkan alergi dan persoalan pernapasan.

7. Urin
Buah tomat diketahui pula sanggup mengiritasi kandung kemih dan mengakibatkan inkontinensia urin.

8. Migrain
Tomat sanggup memicu sakit kepala migrain bagi individu tertentu. Ini berdasarkan sebuah studi yang di lakukan di Iran.

9. Nyeri pada tubuh
Mengonsumsi tomat berlebihan sanggup meningkatkan kadar asam urat yang mengakibatkan gout. Juga memicu arthritis. Ia mengandung alkaloid yang biasanya di sebut solanin, yang membangun jaringan yang menjadi penyebab peradangan.

10. Diare
Diare sanggup terjadi pada mereka yang memang tidak cocok dengan buah tomat. Menurut laporan University of Minesota bahwa tomat sanggup menjadi sumber organisme yang disebut salmonella yang sanggup mengakibatkan diare.

Catatan: Sebaiknya kita tidak berfokus pada buah tertentu saja, tetapi sangat baik mengonsumsi bermacam-macam buah dan sayuran segar alami dan bebas materi kimia.

Demikianlah artikel wacana 13 keajaiban tomat untuk kesehatan jantung, diabetes dan mencegah kanker. Semoga berguna.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *