13 Manfaat  buah pepaya untuk pencernaan dan antikanker. Nama ilimiah pepaya yaitu carica papaya. Pepaya merupakan buah yang paling banyak manfaat, meskipun demikian, ia tidak lepas dari banyak semprotan insektisida [bahan kimia] yang sangat berpotensi mengganggu kesehatan. Makanya paling bagus kalau kita  menentukan buah pepaya yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia atau padat dengan penyemprotan. Jika punya halaman di samping rumah, kita sanggup menanam sendiri pepaya, lantaran ia sangat simpel hidup.

Isinya yang berwarna oranye menandakan ia penuh dengan betakaroten. Merupakan sumber mineral dan vitamin alami yang sangat berguna untuk tubuh kita. Rasanya enak dan mempunyai kandungan air yang banyak sehinga cocok dinikmati pada siang hari penghapus dahaga. Segudang keuntungannya untuk membantu mencegah kanker, menjaga jantung, pencernaan, kekebalan tubuh, merawat kulit, dan masih banyak lagi yang sanggup kita ketahui.

 buah pepaya untuk pencernaan dan antikanker 13 Manfaat Buah Pepaya Untuk Pencernaan dan Antikanker
Buah pepaya. Pixabay Images

Seperti diketahui, lateks dari pepaya yang masih mentah sering digunakan untuk banyak sekali produk perawatan kecantikan antara lain sebagai kosmetik, bikin permen karet dan juga mengempukkan daging. Selain itu, mengandung enzim, sumber nutrisi penting, enzim yang digunakan juga untuk menciptakan permen karet. Buah pepaya sangat melimpah nutrisi antioksidan yakni fitamin C, flafonoid, karoten. Tidak ketinggalan terdapat pula serat dan magnesium. Hal ini berdasarkan Database National Nutrient USDA.

1. Melawan kanker

Beberapa peneliti telah mengungkapkan penemuannya bahwa buah pepaya efektif untuk membantu mencegah kanker pankreas, payudara, usus dan beberapa kanker yang lain. Sementara berdasarkan sebuah penelitian Dr. Nam Dang bersama rekan-rekannya di Jepang, bahwa daun pepaya [daun pepaya yang sudah kering] diketahui mempunyai imbas anti-karsinogenik pada sel tumor yang di tanam di laboratorium. Efek yang sangat besar lengan berkuasa ketika sel-sel tersebut menerima takaran tinggi dari teh daun pepaya.

Antioksidan yang terdapat di dalam buah pepaya menyerupai beta-cryptoxanthin, lycopene, vitamin C, E, dan betakaroten sanggup membantu melawan kanker dan menyehatkan usus besar. Buah pepaya juga berfungsi sebagai pembersih alami yang sangat baik. Kemudian fitonutrien dan antioksidan yang ada dalam pepaya bertugas memblokir radikal bebas yang sanggup merugikan kesehatan. Ternyata buah ini juga mempunyai enzim anti-inflamasi yang mana sangat bermanfaat bagi penderita osteoporosis, edema dan radang sendi. Bukan cuma buah dan daun pepaya saja, tapi biji pepaya juga sanggup dimakan. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa biji pepaya mempunyai sifat yang sanggup menghambat kanker.

2. Meningkatkan pencernaan sehat

Mungkin kita berpikir bahwa pepaya tidak mempunyai serat, padahal ia tinggi serat sehingga paling baik untuk usus. Kandungan chymopapain dan papain yang ada dalam buah pepaya diketahui sanggup membantu mengatasi duduk kasus gangguan pencernaan dan lambung. Seperti diketahui, papain ini merupakan enzim pencernaan yang berfungsi membantu memecahkan protein menjadi lebih sederhana yakni asam amino. Hal ini sanggup meningkatkan pencernaan sehat. Pepaya juga sering digunakan untuk mengobati sindrom iritasi usus dan konstipasi.

3. Untuk kesehatan jantung

Pada poin pertama [1] dikatakan bahwa biji pepaya juga sanggup kita makan dan sangat baik bagi kesehatan lantaran sanggup menghambat kanker. Ini juga berkaitan dengan kesehatan jantung. Mencegah terjadinya pembentukan plak yang menjadikan penyakit jantung, juga penyakit strok dan diabetes. Mengapa? lantaran biji pepaya kaya dengan antioksidan yakni vitamin A, C, E, fitonutrien pro-karotenoid dan kalium. Semua ini sanggup membantu menjaga kestabilan tekanan darah dan denyut jantung.

4. Melawan arthritis

Mereka yang menderita arthritis sanggup mengonsumsi pepaya rutin dalam porsi normal sangat baik. Sebuah penelitian di Annals of Rheumatic Diseases yang membicarakan ihwal rendahnya vitamin C dengan risiko tinggi berbagi arthritis. Sehingga kehadiran papain dalam buah pepaya ini mempunyai fungsi signifikan terhadap imbas anti-inflamasi. Membantu menurunkan rasa nyeri radang sendi [osteoarthritis dan rheumatoid arthritis].

5. Menurunkan gula darah

Pepaya yang tidak terlalu matang mempunyai gula rendah. Jika dibandingkan dengan buah yang lain misalnya, anggur, pisang, mangga dan ceri. Pepaya yang sudah difermentasi sanggup menurunkan gula darah penderita diabetes. Namun sebaiknya harus membicarakan terlebih dahulu dengan dokter  untuk menghindari terjadinya gula darah rendah [hipoglikemia] tanpa diinginkan. Efek ini berkaitan dengan buah pepaya yang difermentasi tersebut. Sementara pepaya segar yang sudah ranum diketahui tinggi fruktosa, sehingga mereka dengan kondisi diabetes diperlukan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

6. Membantu mencegah terjadinya degenerasi makula

Saya berharap kau yaitu seorang penggemar buah pepaya, mengingat pepaya kaya akan vitamin A, terdapat pula beta-karoten, zeaxanthin, lutein juga karotenoid. Ini paling penting dalam pencegahan degenerasi makula dan kondisi mata lainnya. Jika ingin mata tetap sehat, maka konsumsi pepaya rutin tentu dengan jumlah normal. Kombinasi juga dengan buah dan sayuran segar. Ingat, pepaya bukan menyembuhkan penyakit mata, tetapi menjaga kesehatan mata kita sehingga tidak simpel terjadi degenerasi makula [penyakit mata yang biasanya dialami pada masa tua]. Archives of Ophthalmology telah menerbitkan sebuah penelitian yakni, mengonsumsi tiga porsi buah pepaya atau lebih secara rutin sanggup membantu meminimalkan risiko degenerasi makula.

7. Membantu mengurangi nyeri ketika menstruasi

Wanita sering merasa nyeri pada ketika menstruasi sehingga seringkali membeli obat kimia untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut. Ada baiknya perempuan harus mencoba mengonsumsi pepaya untuk membantu mengurangi nyeri haid, kram dan siklus haid tidak teratur.

8. Radang sendi

Rheumatoid arthritis sangat mengganggu dan membatasi kegiatan seseorang, bahkan seringkali mereka merasa frustrasi. Orang yang sudah mengalami kondisi tersebut tidak salah kalau mencoba mengonsumsi pepaya. Seperti diketahui bahwa chymopapain dan enzim dalam buah ini punya sifat anti-inflamasi sehingga sanggup membantu mecegah kita dari arthritis dan osteoartritis yang sering terjadi di lutut, juga membantu memperkecil peradangan. Selain betakaroten, pepaya juga mengandung vitamin C yang baik.

9. Membantu mengatasi mual

Seperti diketahui, buah pepaya sanggup membantu mengatasi rasa mual, morning sickness. Pepaya juga baik untuk perempuan hamil apabila dikonsumsi dalam porsi kecil saja. Selain itu, perempuan hamil juga harus berkonsultasi dengan dokter kalau ia mau menggunakan pepaya untuk mengatasi morning sickness.

10. Untuk menambah imunitas tubuh

Kandungan vitamin A, C dan antioksidan tinggi dalam buah pepaya diketahui sanggup membantu menambah daya tahan tubuh kita. Apalagi pada pergantian musim, niscaya banyak orang mengalami sakit batuk dan flu disertai demam. Jangan terburu-buru membeli obat, segera makan pepaya.

11. Sembelit

Ternyata pepaya juga sanggup membantu mengatasi sembelit dan bahkan mengurangi mabuk dalam perjalanan. Vitamin C, E yang terdapat pada pepaya mempunyai kegunaan untuk mengatasi mabuk perjalanan dengan menghasilkan imbas tonik di usus dan lambung, terutama bagi mereka yang mempunyai fisik kurang sehat

12. Mencegah penuaan dini

Mengonsumsi pepaya secara keseluruhan sanggup menyehatkan tubuh. Pepaya membantu menghindari kita dari penuaan dini oleh lantaran karotenoid, vitamin C dan E. Ia juga mempunyai sifat detoksifikasi yang menjadikan kulit kita bercahaya, higienis dan lembab. Kita sanggup menggunakan kulit pepaya untuk menghaluskan dan mengurangi garis halus kerutan di kulit wajah lantaran kiprah asam alfa-hidroksisi. Tapi, sebaiknya jangan terlalu usang alasannya sanggup menciptakan iritasi pada kulit kita.

13. Menurunkan bobot tubuh

Saat kau merencanakan untuk menurunkan berat badan, jangan lupa Tambahkan buah pepaya di dalam daftar sajian harianmu. Diketahui bahwa pepaya yaitu buah yang rendah kalori, tetapi melimpah mineral, vitamin dan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Hal lain yang sanggup kita peroleh dari buah ini adalah, serat, juga antioksidan yang membantu memperabukan kalori dan lemak tubuh.

Manfaat lain dari pepaya

  • Mencegah IBS sindrom usus iritasi
  • Membantu Mengurangi Stres
  • Dipakai untuk mengontrol kelahiran
  • Membantu menambah jumlah trombosit
  • Baik untuk bayi
  • Membantu menambah laktasi
  • Baik bagi perempuan yang sedang hamil
  • Makan pepaya secara teratur sanggup membantu mengobati disfungsi ereksi
  • Biji dan daun pepaya juga sanggup digunakan untuk membasmi cacing di perut
  • Jika sakit gigi dan gusi, gosokkan akar pepaya
  • Bunga dan akar pepaya sudah terbukti bermanfaat untuk penyakit bronkkitis, kuning, ginjal, dan kolik
  • Jika terjangkit amandel, minum jus pepaya mentah sesuai kebutuhan, campurkan dengan madu.
  • Membantu mengurangi kadar kolesterol LDL [kolesterol jahat] dalam tubuh
  • Membantu penyembuhan luka bakar ringan

Fakta nutrisi pepaya berdasarkan USDA
Ukuran porsi: buah, kecil (157g gram)
Jumlah Per Penayangan
Kalori 68 – Kalori dari Lemak 3.7
———————————-
% Nilai Harian
Total Lemak 0,4 gram – 1%
Lemak jenuh 0,1 gram – 1%
Lemak Trans 0 gram
Kolesterol 0 mg miligram – 0%
Sodium 13 mg miligram – 1%
Potasium 286 mg miligram – 8%
Total Karbohidrat 17 gram – 6%
Serat Makanan 2,7 gram – 11%
Gula 12 gram
Protein 0,7 gram
—————–
Vitamin A – 30%
Vitamin C – 159%
Kalsium – 3,1%
Besi – 2,2%
Nilai Persen Harian didasarkan pada diet 2000 kalori.

Pepaya untuk perawatan kulit

1. Membantu mengurangi infeksi
Jika kita mengupas pepaya, niscaya ada getahnya, nah getah pepaya tersebut sanggup digunakan untuk mengobati kulit berjerawat. Selain itu kau sanggup menciptakan masker dari daging pepaya yang fungsinya sama dengan getah.

2. Kulit menjadi lembab
Kulit wajah kau kering dan kusam? Cobalah gunakan masker pepaya, dan jangan lupa konsumsi juga ya. Pasti wajah akan lembab dan bye-bye kulit kering dan bersisik. Buatkan adonan ini: satu sendok makan daging pepaya yang sudah ditumbuk, kemudian satu sendok teh madu. Campur pepaya dengan madu. kemudian pakai adonan tadi ke wajah [setengah jam]. Cuci pakai air dingin.

3. Membuat kulit cerah
Tentu semua orang ingin kulitnya cerah bukan? Begitu pula kulit yang mulus tanpa noda bekas jerawat, apalagi keriput, ih ngeri banget deh. Makanya konsumsi pepaya, sehabis itu, butuh sedikit kegiatan untuk menciptakan masker khusus. Ayo buatkan kini ya: 1/2 cangkir bubur pepaya, 1,5 sendok makan madu, satu sendok lemon segar. Hancurkan daging pepaya [jadi menyerupai bubur],  masukkan lemon segar juga madu ke dalam bubur pepaya. Campur hingga rata. Cuci wajah dan keringkan dengan cara ditepuk-tepuk lembut. Pakai adonan tadi sebagai masker [setengah jam]. Gunakan air hambar untuk mencuci muka. Selamat mencoba.

4. Menghilangkan pigmentasi
Bila wajah kita mengalami flek-flek hitam atau menderita pigmentasi, hening saja, kita sanggup berbesar hati menggunakan pepaya untuk mengatasinya lantaran pepaya mengandung phytochemicals, enzim dan betakaroten. Yang sanggup kita lakukan sama dengan poin tiga [3].

5. Mengurangi kerutan di wajah
Rasanya semua yang ada pada buah pepaya sangat bermanfaat. Daging, kulit, bunga, getah dan akar. Hebat ya buah satu ini. Beberapa penelitian menyampaikan bahwa kulit pepaya yang mengandung enzim sama ampuhnya dengan Retin-A. Untuk mengurangi kerutan, kita pun sanggup menggunakan cara menyerupai poin tiga [3]

5. Minimalkan bulat hitam di bawah mata
Bubur pepaya hijau ampuh untuk mengurangi bulat hitam di bawah mata yang menciptakan kita terlihat menyerupai hantu. Maksudnya, mata kita jadi serem. Tumbuk pepaya hijau sesuai kebutuhan hingga halus. Langsung pakai di daerah bermasalah itu [30 menit]. Cuci muka pakai air hangat. Jika punya waktu, lalukan tiap hari.

6. Membantu membasmi ketombe
Kita sanggup temukan di toko atau mall, banyak sekali produk kecantikan berbahan pepaya dengan banyak sekali kegunaannya. Harganya juga tidak mengecewakan mahal. Nah, daripada kita beli, bagusnya kita bikin sendiri lebih alami. Repot sedikit tidak apa-apa ya! Oke, mari ikuti cara ini: kupas pepaya dan pisang sesuai kebutuhan. Minyak kelapa [satu sendok teh], haluskan kedua materi tadi. Campur dengan molase dan minyak kelapa. Segera pakai menyerupai masker rambut. Tutup pakai handuk panas [setengah jam]. Cuci rambut dengan air hangat.

Pepaya juga sanggup membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Efek samping pepaya

1. Bisa terjadi iritasi gastrointestinal
Jangan makan terlalu banyak pepaya lantaran sanggup menimbulkan imbas laksatif di usus. Dengan demikian kita sanggup konsumsi sesuai kebutuhan.

2. Biji
Seperti diketahui, biji hitam pepaya mengandung enzim yang namanya carpine. Carpine yaitu zat beracun potensial. Sebuah info penting yang dikeluarkan oleh BioPark Foundation mengenai tumbuhan obat di Purvian Amazon bahwa enzim tersebut sanggup menjadikan pusat saraf mati rasa, sehingga depresi jantung dan lumpuh. Ada beberapa masalah lain yakni; terjadi penyempitan pembuluh darah.

3. Pepaya mentah
Konsumsi pepaya mentah bagi sebagian orang yang dengan kondisi lambung bermasalah sanggup menjadikan rasa sakit di lambung atau usus dan terkadang juga sanggup mengakibatkan perforasi esofagus.

4. Ibu hamil
Teruntuk para ibu hamil, diperlukan untuk tidak mengonsumsi buah pepaya mentah. Makan pepaya memang baik dan sehat, tetapi tidak dianjurkan untuk ibu hamil, lantaran tergolong berbahaya. Ia dianggap [buah panas]. Selanjutnya, lateks yang ada di dalam buah pepaya setengah matang dan pepaya mentah dengan konsentrasi tinggi sanggup menjadikan kontraksi uterus dan juga menjadikan aborsi.

Demikianlah artikel ihwal 13 manfaat buah pepaya untuk pencernaan dan antikanker. Mudah-budahan berguna untuk kita semua.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *