Katakan semua dalam doamu jika kau berdoa setiap saat. Entah malam atau pagi. Pertama-tama apa yang akan kau katakan di dalam doa? Ucapan terimakasih, atau mengucap syukur?  Atau kita lupa sebab sanking suksesnya dalam usaha dan pekerjaan yang diraih. Kadangkala juga kita gundah harus berbuat apa sebab terlalu susah, banyak problem hingga tak bisa melaksanakan apa-apa lagi. Jangankan berdoa, ingat Tuhan saja sudah tidak.

Makara sukses dan gagal sama dengan susah dan senang. Ingat ya, berdoa itu paling penting. Taruh Tuhan di urutan pertama dari segala yang ada di dunia ini. Jangan nanti kita sudah tiba di ujung maut barulah teringat Tuhan dan berdoa. Apakah sudah terlambat? Tidak juga, Tuhan tetap terima kita apa adanya.

tama apa yang akan kau katakan di dalam doa Katakan Semua Dalam Doamu
Doa memberi ketenangan dan kedamaian. Unsplash Images

Ada banyak hal dalam kehidupan ini menyerupai masalah-masalah hidup tiba berganti, usaha yang tiada henti, kerja keras tak kenal waktu, kesuksesan, kegagalan, persaingan, kesedihan dan kemarahan terus berputar selama Anda hidup. Maka apapun yang terjadi terhadap diri Anda katakan dalam semua pergumulan doamu setiap detik. Mengapa harus setiap detik? Karena setiap detik yaitu hidup. Bisa saja kita melewati 5 detik dengan napas, kemudian 1 detik kemudian napas kita berhenti!

Berdoa harus di lakukan setiap tarikan napas hidup kita

Jangan pernah abaikan berdoa. Begitu Anda bangkit dari tidur itu berarti Tuhan masih berikan hidup untukmu. Jangan pribadi lemparkan selimut dan pergi cari sarapan. Atau keluar mencari udara segar. Jangan lakukan hal lain selain berdoa. Berdoalah dengan cara Anda masing-masing. Tidak ada batasan kalau Anda ingin berdoa. Selain doakan kehidupan Anda, Anda juga sanggup berdoa untuk keluarga, sobat dan pasangan Anda.

Jangan aib atau takut menyampaikan segala diam-diam kau dalam doamu pada Tuhan

Apapun yang Anda rasakan atau yang menjadi beban dalam hidupmu katakan. Hal baik dan buruk, diam-diam Anda yang paling memalukan sekalipun, atau dirimu sedang menaruh dendam dan benci terhadap ia yang sudah mencabik-cabik juga merampas masa depan, harga diri dan kesucian Anda. Ekspresikan semua untuk Tuhan apa yang membuatmu begitu sedih, luka, menyesal, marah. Dia bersedia menampung semua. Setelah itu Anda akan mencicipi kelegaan yang luar biasa.

Berdoa dalam keadaan apapun

Susah atau senang, sakit, sehat, kaya maupun miskin tetaplah berdoa. Jangan waktu susah, sengsara, sakit, gagal dan ada tragedi alam saja Anda berdoa hingga tak ada aminnya. Malam hingga pagi berdoa tanpa makan, minum dan tidak melaksanakan apa-apa. Alih-alih Anda bukannya sanggup kekuatan malah mati lemas tak berdaya hingga pingsan. Kalau keadaan menyerupai ini apakah kita masih bisa berdoa dengan baik?

Berdoa dengan kerendahan hati

Dirimu niscaya merasa doa memberi kekutan dahsyat dalam hidupmu. Di dalam doa kita mendapatkan ketenangan dan kedamaian hati. Untuk itu, tiba pada Tuhan dengan apa adanya diri kita. Lalu rendahkan dirimu di ketika menghadap Tuhan sebab dihadapanNya kita yaitu debu. Kita penuh dengan sampah egois, sombong, licik, serakah, rakus yang hanya mementingkan diri sendiri, mau menang sendiri. Tidak pernah mau mengakui kesalahan diri, merasa paling benar, suci dan murni. Apakah ada di antara kita sudah lulus dari semua sifat yang di sebutkan ini?

Berdoalah dan jangan mempermainkan Tuhan

Dalam arti; Kita hari ini berdoa melaporkan segala perbuatan dari A hingga Z, menyerahkan total hidup kepada Tuhan, mau ikuti apa yang Tuhan mau kemudian di akhiri dengan ampuni saya Tuhan. Kemudian esok hari kembali lakukan hal yang sama. Sekali melaksanakan eh ternyata tidak apa-apa. Aku aman-aman saja. Ada harga yang harus Anda bayar yaitu pertanggungjawaban Anda kelak dengan Tuhan. Jangan tanya berapa besar harganya, ya Anda sendiri yang tahu.

Doa yang dinaikkan dengan sungguh hati kepada Tuhan sangat besar kuasanya. Melatih kita untuk bersabar dan menguasai diri.

Meskipun kita insan yang penuh dengan kelemahan dan dosa kita tetap naikkan doa

Banyak kesalahan dan dosa bukan berati Anda kemudian menjauh dari Tuhan sebab merasa diri tak layak. Justeru sebaliknya Anda harus mencari Tuhan semoga tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang sesat. Agar Anda bisa melihat  kedalam diri kekurangan yang Anda punya dan berusaha untuk mencar ilmu memperbaiki sedikit demi sedikit. Terkadang seseorang gres mengerti wacana kebenaran pada ketika ia melaksanakan kesalahan.

Hanya Anda dan Tuhan yang tahu

Maka jangan mengobral segala sesuatu yang sangat prinsip wacana diri Anda kepada orang lain yang belum tentu menjaga atau menyimpannya. Anda harus bisa memilah mana yang mesti di bagi dan mana yang tidak boleh. Hanya Anda dan Tuhan saja yang tahu lewat doa-doa Anda setiap saat. Tidak semua orang bisa dan mau mengerti apa yang kita alami. Apalagi ketika Anda kisah kepada orang yang mungkin punya segudang masalah, sama saja dengan Anda menjadi beban untuk dia.

Percayalah Anda akan setegar watu karang

Karena doa yaitu obat yang paling manjur. Dapat menyembuhkan Anda dari segala problem yang dihadapi. Artinya, dengan berdoa Anda mendapatkan kekuatan luar biasa untuk bertahan. Dirimu tidak gampang jatuh dan tidak akan ada kata menyerah. Anda akan melihat segala problem besar menjadi kecil.

Jangan pernah merasa bosan

Kebanyakan dari kita merasa lelah menunggu tanggapan dari doa-doanya kepada Tuhan. Lalu mulailah mengeluh, marah-marah kepada Tuhan. “mengapa ya, saya sudah berdoa sekian hari, bulan bahkan tahun tapi begini-begini saja hidupku?” “Kalau di hitung sudah berapa ratus jam yang sudah saya habiskan untuk berdoa”, sementara orang lain sekali berdoa pribadi beres. Semua terkabulkan. Benarkah begitu? Apakah Anda tahu niscaya hanya dengan sekali berdoa pribadi di jawab? Ataukah ada proses yang harus dilewati? Jika memang demikian, itu berarti kita tidak perlu berusaha, bekerja keras tetapi berdoa kemudian tidur saja.

Catatan: Mari berdoa sepanjang hari tanpa kenal lelah apalagi bosan. Sebab kalau kita merasa bosan, lelah melaksanakan itu, bagaimana dengan Tuhan yang setiap detik mendengar dan menampung setiap keluahan kita?

Puisi Katakan semua dalam doamu

Tuhan,
Aku merasa hidupku ini
hanyalah beban semata
penuh dengan keluh kesah
yang tak layak  meminta cinta
kasih dan sayang…

Tuhan,
Aku bekerjsama ingin berlari
meninggalkan semua
yang membuatku ingin mati
saya rindu tenang
saya rindu damai…

Tuhan,
Bolehkah saya meminta?
Aku ingin Kau jamah hatiku
kemudian peluk aku..
semoga saya kuat
dan merasa Kau ada

Tuhan,
Apakah saya harus berdoa?
menyampaikan semua padamu?
sedang saya merasa tak layak
untuk bercerita semua pada-Mu…

Tuhan,
Aku aib
kalau saya harus katakan semua
wacana diriku…
banyak hal memalukan
sudah ku lakukan
masih pantaskah saya berdoa?

Tuhan,
Jawablah aku
di dalam tidurku
dalam diamku…

Dari anakMu yang masih aib berdoa

Catatan
Sebenarnya kita tak layak tiba kepada Tuhan sebab keberdosaan kita, namun Tuhan kita yaitu Tuhan yang melimpah cinta dan kasih serta pengampunan. Maka siapapun kita, dalam keadaan bagaimanapun Tuhan mendapatkan kita. Datang kepada Dia melalui doa-doa kita setiap waktu.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *