13 Manfaat sehat terong ungu untuk jantung dan anemia yang dihentikan diremehkan. Terong yakni jenis sayur dengan banyak nutrisi unik yang perlu kita tahu. Ada banyak keistimewaan dari terong yakni membantu melawan osteoporosis, menguatkan tulang, menjaga kesehatan jantung, kesehatan pencernaan dan menambah kognisi. Tidak hanya itu, terong juga membantu menurunkan anemia. Sebagai sajian untuk mengurangi bobot tubuh, minimalkan stres dan diabetes melitus.

Wah, padahal kita sering menyepelehkan sayur terong ini ya. Bahkan ada beberapa teman saya yang samasekali tidak suka makan terong. Hmm, sayang sekali. Kalau berbicara makanan, maka terong yakni sayuran andalan kuliner Padang. Dimasak balado, goreng kemudian tumis pedas, sanggup juga pakai saos dan kecap. Wow, luar biasa enak!

 Manfaat sehat terong ungu untuk jantung dan anemia yang dihentikan diremehkan 13 Manfaat Sehat Terong Ungu Untuk Jantung Dan Anemia
Terong ungu. Pixabay Images

Yang paling seru terong dipanggang terus belah jadi empat cuilan dan peras lemon. Kemudian bikin sambel, atau [dabu-dabu] dan makan dengan petai yang sudah direbus. Luarbiasa enaknya.., hihihi. Gak percaya? Boleh mencobanya. Pasti ketagihan dan nambah makannya.

Ternyata ada lagi kehebatan sayuran satu ini yaitu membantu menghindari kita dari kanker dan melindungi bayi dari cacat lahir. Mengandung fosfor, magnesium, tembaga, niacin, mangan, kalium. Selain itu juga dipenuhi dengan serat, vitamin C, B6 dan vitamin K. Kaprikornus bagaimana? Apakah masih ragu atau tidak suka makan sayuran ini? Itu terserah kamu. Pokoknya ada banyak laba mengonsumsi terong.

Mari kita lihat ulasan selanjutnya perihal terong.

1. Menjaga kesehatan jantung kita

Meskipun sayuran ini terkadang dianggap sepele, namun untuk urusan vitamin, nutrisi, serat serta kadungan gizinya cukup banyak. Sebuah artikel terbitan American Journal of Clinical Nutrition tahun 2008 menyampaikan bahwa, kuliner yang di dalamnya terdapat flavonoid sanggup membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Terong diketahui mempunyai antioksidan, vitamin B6, kalium, fitonutrien dan serat. Ini yakni elemen penting pendukung jantung sehat. Membantu memotong kolesterol jahat tanggapan kita sering makan kuliner berlemak, juga berfungsi menyerap HDL [kolesterol baik] dalam tubuh. Adapun flavonoid yang terdapat dalam terong pun berperan membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta menjaga kardiovaskular semoga tetap normal. Dengan demikian konsumsi terong dalam porsi normal membantu melindungi kesehatan jantung kita.

Catatan: Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai terong dikaitkan dengan kesehatan jantung. Namun penelitian ini hanya dilakukan terhadap hewan. Itu berarti masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

2. Membantu mencegah anemia

Data dari WHO memperlihatkan bahwa penderita anemia mencapai 1,62 miliar. Tanda-tanda seseorang mengalami anemia yaitu, fisiknya sangat lelah ketika melaksanakan kegiatan yang ringan dan tidak mengeluarkan banyak tenaga. Merasa depresi, hilang konsentrasi, tidak sanggup berpikir, pusing dan sakit kepala sebelah [migrain]. Hal ini disebabkan lantaran kurangnya zat besi.

Kita sanggup peroleh zat besi dari terong, meskipun tidak sebanyak sayuran hijau ibarat bayam. Ia juga mengandung tembaga yang sangat penting. Membantu mendistribusikan sel darah merah yang pada balasannya meningkatkan kadar HB [hemaglobin]. Apabila kita kekurangan zat besi dan tembaga maka sel darah merah kita sanggup perlahan habis.

3. Ada imbas anti-kanker

Beberapa penelitian menyampaikan bahwa terong yakni salah satu sumber dengan senyawa fenolik yang melimpah sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, asam klorogenik dan antosianin mempunyai fungsi paling besar untuk melindungi sel-sel yang rusak tanggapan terpapar radikal bebas yang balasannya menghidarkan kita dari penyebaran sel kanker.

Seperti diketahui, polifenol yang terdapat dalam terong ini sanggup memperlihatkan imbas anti-kanker. Ia juga kaya dengan vitamin C yang berfungsi sebagai sistem imun tubuh untuk membantu sistem kerja sel darah merah, juga mengandung antioksidan tinggi.

Apa itu polifenol? Menurut Dr. Mercola, polifenol yakni phytochemical, yaitu senyawa yang ditemukan berlimpah pada sumber kuliner nabati alami yang punya sifat antioksidan. Ditemukan lebih dari 8000 polifenol dalam beberapa jenis kuliner yakni; sayuran, buah-buahan, teh, minyak zaitun extra virgin dan cokelat.

4. Terong baik untuk tulang [orang yang berisiko osteoporosis]

Makan terong dengan porsi normal ternyata baik untuk tulang. Kemudian orang renta niscaya perlu asupan kalsium lebih untuk menjaga tulang sehat, berpengaruh dan mencegah terjadinya osteoporesis. Mungkin mereka sanggup menentukan terong lantaran terdapat cukup besar kalsium dan tentunya zat besi dan senyawa fenolik. Disamping itu, kandungan potasium berperan penting untuk menyerap kalsium.

5. Membantu mengontrol glukosa darah

Meskipun terkadang terong dianggap sayuran yang tidak terlalu mempunyai keistimewaan namun, sayuran ini sangat bermanfaat dalam membantu mengontrol glukosa darah serta kadar insulin. Berguna untuk penderita diabetes tipe-2. Mengapa demikian? Karena terong tinggi serat, dan rendah karbohidrat larut. Sertakan terong dalam sajian kuliner semoga sanggup membantu memperkecil risiko diabetes. Hal ini didukung oleh rekomendasi dari American Diabetes Association mengenai diet menggunakan terong sebagai sajian ideal.

6. Membantu melindungi pencernaan

Kandungan serat yang ada dalam terong membantu melindungi kesehatan pencernaan. Apalagi jikalau kita sering mengalami duduk kasus pencernaan, terong sanggup jadi solusi yang baik dalam sajian makanan, asalkan kita mengonsumsinya tidak berlebihan. Adapun serat tersebut sanggup memperlancar kontraksi lambung dan usus dan gerakan pertalistik yang mempermudah BAB.   

7. Membantu meningkatkan kegiatan otak

Jangan heran jikalau terong disebut kaya dengan phytonutrisi sehingga sanggup membantu meningkatkan aneka macam kegiatan otak terkait kesehatan mental. Memperbaiki memori otak, menstimulasi saraf dan menambah fatwa darah ke otak. Penelitian memperlihatkan bahwa kulit terong mengandung antosianin dan nasunin yang merupakan antioksidan tinggi. Fungsi dari dua senyawa ini untuk menjaga sel otak kita dari kerusakan tanggapan radikal bebas.

Catatan: Justeru kulit teronglah yang mengandung nutrisi penting. Kalau sanggup dikonsumsi bersama kulitnya. Namun sebaiknya pilih sayuran yang ditanam tanpa menggunakan semprotan obat kimia, jadi kita sanggup memakannya dengan kulit.

8. Kesehatan hati

Penderita kelainan hati sanggup mengonsumsi terong untuk membantu menjaga kesehatan hati mereka. Kandungan antioksidan yang baik dalam terong sanggup mencegah kita dari racun tertentu. Ini sesuai penelitian. Bukan saja itu, tapi juga membantu melarutkan lemak ekstra yang terdapat di hati dan menambah sektresi empedu.

9. Sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan

Selain diet karbohidrat, olah raga dan menghindari aneka macam asupan lemak yang tidak sehat dalam tubuh, ada alternatif lain yang sanggup ditambahkan untuk menurunkan bobot tubuh yaitu kita sanggup menentukan terong. Ia mengandung banyak air, minim kalori, kolesterol dan lemak tetapi tinggi serat. Serat sanggup mencegah pelepasan ghrelin. Jadi, pada ketika kita mengonsumsinya sanggup menunda rasa lapar. Artinya kita akan merasa kenyang dalam waktu lama. Dengan demikian acara diet kita berjalan dengan baik.

10. Cegah cacat lahir

Halo ibu-ibu hamil jangan takut makan terong ya, ibu tahu, terong punya banyak asam folat yang sanggup membantu menjaga bayi dari duduk kasus cacat tabung saraf. Terong sanggup diolah dalam aneka macam sajian kuliner yang sehat dan lezat semoga ibu sanggup menyukainya. Tetapi tetap ingat harus dalam jumlah terbatas konsumsinya. Jika perlu tanyakan dahulu pada dokter.

11. Membantu menjaga kolesterol darah

Kesimpulan yang diambil oleh beberapa penelitian mengenai terong yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Ini dilakukan terhadap kelinci dengan memperlihatkan jus terong. Selain itu asam klorogenik dalam terong juga membantu menurunkan kolesterol jahat [LDL].

12. Obati gout

Kadar asam urat dalam darah yang tinggi sanggup mengakibatkan gout. Ini merupakan sebuah kondisi yang sangat tidak nyaman. Mengganggu kegiatan setiap hari. Penderita gout mungkin sanggup mengonsumsi terong untuk membantu mengobati gout. Terong rendah purin, untuk itu ia kondusif bagi orang dengan gout. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah, memperhatikan jenis kuliner yang dikonsumsi. Misalnya hindari daging merah, alkohol, merokok dan minuman bersoda.

13. Baik untuk penderita refluks asam

Menurut WebMD, refluks asam merupakan kelainan perut yang disebut hernia hiatal. Mengapa ini sanggup terjadi? Karena cuilan atas perut dan LES bergerak di atas diafragma dimana otot memisahkan perut kita dari dada. Ini bekerjasama bersahabat dengan asam lambung. Biasanya kita merasa panas pada dada [seperti terbakar], perih di ulu hati dan sakit kepala. Konsumsi terong sanggup membantu menetralkan asam lantaran mempunyai sifat basa. Akan tetapi harus berkonsultasi dengan dokter jikalau tanda-tanda tersebut berulang.

Manfaat lainnya dari terong ungu

  • Bagus ditambahkan dalam acara diet untuk memangkas kalori dan karbohidrat berlebihan.
  • Mengurangi terlalu banyak zat besi dalam tubuh kita.
  • Menjaga sel dari kerusakan dan mencegah radikal bebas.
  • Dikatakan dalam sebuah penelitain tahun 1993 bahwa terong sanggup membantu seseorang yang ingin stop merokok, lantaran terdapat asam nikotinat, [disebut vitamin PP]. Vitamin ini menurunkan ketergantungan nikotin. Wah boleh juga ya.
  • Membantu mengobati wasir. [Potong terong tipis kemudian gosok lembut di kawasan wasir tersebut].
  • Memperkuat imun tubuh lantaran mempunyai antioksidan dan fitonutrien yang baik.
  • Mendatangkan energi gres ketika kita kehilangan banyak energi. Ini terjadi mengingat terong mempunyai niacin [vitamin B3] larut dalam air. Ini penting.
  • Membantu mengobati sembelit dan menjaga gerakan pertalistik yang baik.
  • Bagus untuk bayi umur 8-10 bulan, lantaran mempunyai folat, kalsium, vitamin A dan K.
  • Sebagai antibakteri.
  • Membantu menurunkan peradangan.

Untuk perawatan

1. Menjaga kelembaban kulit
Terong mengandung banyak air jadi, jikalau kulit kita kusam dan kering, mengonsumsi terong yakni pilihan baik semoga kulit lembab dan halus.

2. Menyehatkan kulit kepala
Terong ungu atau putih punya nutrisi yang sama penting. Memiliki vitamin dan mineral. Tidak perlu ragu mengonsumsinya, asalkan dalam jumlah wajar. Mereka sanggup membantu menghilangkan gatal dan ketombe sampai kulit kepala kita sehat dan bersih.

3. Anti-penuaan
Kebanyakan orang mengupas kulit terong pada ketika memasaknya. Padahal di kulit terong terdapat antioksidan yang tinggi dimana tugas besarnya sebagai biro anti-penuaan. Dengan pengolahan yang benar.

4. Menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut
Selain untuk melembabkan dan melembutkan kulit lantaran kadar airnya tinggi, juga mempunyai enzim yang berfungsi membantu merangsang folikel rambut. Terong sanggup membantu menguatkan akar rambut dan menyuburkan rambut dengan cara; menggosokkan ke kulit kepala terong yang sudah diblender. Biarkan 20 menit. bersihkan dengan air dan sampo.

Fakta nutrisi terong berdasarkan USDA
Ukuran Porsi: 1 cangkir terong, potong dadu [82 gram]
Jumlah per porsi
Kalori 20
————————
% Nilai Harian
————————
Total Lemak 0 gram – 0%
Lemak Jenuh 0 gram – 0%
Lemak Trans 0 gram
———————-
Kolesterol – 0%
Sodium 2 miligram – 0%
Total karbohidrat 5 gram – 2%
Serat kuliner 3 gram – 10%
Gula 3 gram
——————–
Termasuk – Menambahkan Gula –
Protein 1 gram
Vitamin D 0 mikrogram – 0%
Kalsium 7 miligram – 1%
Besi 0 miligram – 1%
Potassium 188 miligram – 4%
———————————–
% Daily Value [DV] memberi tahu Anda berapa banyak nutrisi dalam satu porsi kuliner berkontribusi pada diet harian. 2000 kalori sehari dipakai untuk saran nutrisi umum.

Beberapa imbas samping terong jikalau makan berlebihan

1. Dapat memicu menstruasi
Memang terong baik untuk mencegah cacat lahir bayi ibarat uraian poin [10], namun ibu yang sedang mengandung tetap harus berhati-hati makan terong. Diharapkan untuk konsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan konsumsi terong. Mencegah hal yang tidak diinginkan, memingat terong punya sifat diuretik. Ini sanggup merangsang terjadi haid [menstruasi].

2. Bisa mengakibatkan duduk kasus asam
Terong mengandung antioksidan, nutrisi dan vitamin, tapi sayang ada imbas lain yang sanggup ditimbulkan jikalau kita mengonsumsinya berlebihan yaitu keasaman. Untuk itu, ibu dalam masa hamil sebaiknya batasi makan terong ya, atau tanyakan ke dokter.

3. Reaksi alergi
Menurut penelitian Central Food Research Institute India, Ada beberapa jenis alergi yang sanggup ditimbulkan pada orang tertentu yang mungkin sensitif terhadap sayuran terong yakni, gatal, mual, tenggorokan infeksi dan ruam pada kulit. [Reaksi tanggapan terong tidak begitu parah dibandingkan dengan paprika dan tomat].

4. Ada kandungan nikotin
Pada tahun 1993, New England Journal Of Medicine telah menerbitkan artikelnya perihal sayuran terong yang mempunyai sejumlah besar nikotin. Mendengar kata nikotin tentu ada imbas yang tidak baik, lantaran merupakan zat adiktif lazimnya terdapat pada tembakau. Akan tetapi New York Times juga merilis artikel yang menyebutkan bahwa di dalam terong tidak ada nikotin tapi asam nikotinat. Ini tidak menciptakan seseorang ketagiahan.

5. Bisa mengakibatkan keracunan
Seperti diketahui, terong mempunyai sumber nitrat yang sanggup diubah secara alami menjadi nitrit di dalam perut. Nitrat sanggup bereaksi dengan asam amino, kemudian terbentuklah nitrosamin. Ini tidak baik untuk orang remaja sehat. Selain itu kuliner tinggi nitrit tidak kondusif untuk bayi.

6. Batu ginjal
Stop makan terong bagi mereka yang menderita kandung empedu dan ginjal, lantaran mengandung tinggi oksalat yang sanggup membentuk kristal. Hal ini sangat mungkin terjadi kerikil ginjal juga kandung empedu.

7. Dapat menghambat obat antidepresan
Mereka yang sedang menggunakan obat antidepresan, harus menghindari makan terong. Obat antidepresan merupakan inhibitor monoamine oksidae. Ini sanggup mencegah enzim untuk memecah tyramine dan meniadakannya dari tubuh kita. Makan terong dalam waktu yang sama dengan obat antidepresan sanggup menghambat kinerja obat tersebut.

8. Kalium dan serat yang berlebihan tidak baik bagi tubuh
Sejumlah senyawa penting yang terdapat dalam terong ibarat serat, kalium, potasium, folat, sodium, magnesium dan masih banyak lagi, itu elok namun jikalau berlebihan sanggup terjadi hiperkalemia dan mengganggu lambung. kelebihan serat juga sanggup mengakibatkan diare dan sembelit.

Sementara apa itu hiperkalemia? Menurut konsep dari Mayoclinic, hiperkalemia merupakan istilah medis yang menggambarkan tingkat kalium dalam darah yang lebih tinggi dari normal. Sedangkan kalium yakni materi kimia yang paling penting untuk fungsi sel-sel saraf dan otot, termasuk yang ada di jantung.

Kaprikornus sebaiknya konsumsi terong dengan porsi sedang saja.

Memasak terong yang sehat
Cara yang terbaik yakni memanggang atau mengukus. Jangan menggoreng terong lantaran tidak sehat. Ketika digoreng, terong akan menyerap banyak minyak. Bayangkan saja sejumlah besar minyak yang masuk ke dalam tubuh kita niscaya akan berdampak pula pada kesehatan.

Catatan

  • Jangan simpan terong di kulkas dengan film plastik nanti cepat rusak lantaran tidak ada udara. Masukkan saja di plastik yang longgar dan dihentikan dipotong biar awet.
  • Terkadang kita temui daging terong yang berasa pahit, untuk menghilangkannya, taburkan garam secukupnya birkan 20-30 menit. Cuci dengan air, dan silahkan memasaknya.

Kesimpulan
Sebenarnya semua sayuran dan buah-buahan segar itu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Memiliki banyak vitamin dan nutrisi alami. Apalagi jikalau tanpa diberi pupuk kimia atau pestisida. Hanya kita harus bijaksana mengonsumsinya. Artinya tidak berlebihan.

Demikianlah artikel perihal 13 manfaat sehat terong ungu untuk jantung dan anemia. Semoga berkhasiat ya.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *