Selama pandemi Covid-19 berlangsung, produk masker mengalami peningkatan permintaan. Sebagai perlengkapan wajib ketika keluar rumah, masker berfungsi sebagai filtrasi partikel udara berbahaya agar tidak masuk ke tubuh melalui hidung. Selain jual masker kain, usaha produksi buff yang dulu lebih sering digunakan untuk pengendara kendaraan bermotor kini juga banyak digunakan masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah.

Buff dan masker sama-sama diperbolehkan untuk digunakan sebagai syarat berkegiatan di luar rumah selama pandemi Covid-19. Sama-sama menutupi bagian wajah terutama mulut dan hidung, masker dan buff sering dianggap sama. Padahal keduanya sangatlah berbeda.

Masker vs Buff

Meskipun fungsinya sama, perbedaan diantara keduanya sangat banyak. Berikut ulasan perbedaan masker dan buff yang sama-sama bisa digunakan untuk aktivitas di luar rumah:

  • Ukuran

Ukuran masker cenderung lebih kecil dibandingkan dengan buff. Sebab masker tidak melindungi bagian belakang kepala, namun hanya bagian depan saja. Bentuk masker umumnya oval dengan tali pada ujung kanan dan kiri. Sedangkan buff memiliki bentuk melingkar yang penggunaanya dimasukkan ke dalam kepala tanpa ditali terlebih dahulu. Buff akan melindungi bagian belakang kepala dan depan sehingga ukurannya lebih besar.

  • Pemakaian

Buff digunakan dengan cara memasukkan lubang buff ke kepala kemudian menariknya hingga ke bawah sampai menutupi hidung dan mulut. Buff tidak perlu ditali, berbeda halnya dengan masker. Pemakain masker berbeda-beda berdasarkan jenisnya. Apabila masker Anda adalah masker bertali, maka perlu mengikat tali masker di belakang kepala. Apabila masker earloop, Anda hanya perlu mengaitkannya pada daun telinga.

  • Bahan pembuatan

Sebenarnya bahan membuat masker dan buff sangat beragam. Keduanya pun sama-sama bisa dibuat dari kain katun. Tetapi umumnya masker dibuat dari berbagai kain seperti wolfis dan polyester. Sedangkan buff yang juga di jual di toko jual masker kain terbuat dari katun yang lentur dan mudah meregang.

  • Fungsi lain

Selain berfungsi untuk melindungi bagian wajah, buff bisa digunakan sebagai penutup kepala. Banyak digunakan oleh pendaki gunung, buff akan digunakan untuk melindungi bagian telinga dari hawa dingin. Sedangkan masker umumnya hanya berfungsi untuk melindungi hidung dan mulut saja. Tidak ada fungsi lain dari masker.

  • Harga

Harga masker relatif lebih murah dibandingkan dengan harga buff. Rata-rata harga masker kain adalah Rp5.000,- sedangkan harga buff berkisar Rp15.000,-. Apabila Anda ingin membeli keduanya sekaligus, biasanya penjual masker kain menyediakan paket belanja yang berisi berbagai keperluan berkendara seperti paket yang berisi buff, masker, sarung tangan motor dan kaos kaki.

  • Jenis

Masker memiliki lebih banyak jenis dibandingkan buff. Mulai dari masker sekali pakai, masker kain dan masker scuba. Sedangkan buff hanya satu bentuk namun pilihan motifnya beragam.

Apabila Anda sering bepergian jauh menggunakan kendaraan bermotor, sepertinya buff lebih tepat. Sebab buff tidak mudah bergeser saat dikenakan dengan helm. Selain itu, buff juga lebih multifungsi dibandingkan dengan masker biasa.

Keduanya bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda kenakan selama beraktivitas di luar rumah. Tetap pastikan Anda memilikinya lebih dari satu sehingga bisa melakukan penggantian masker secara berkala. Anda bisa melengkapi berbagai jenis masker supaya tidak terkesan membosankan. Mulai dari masker polos, masker fullprint hingga masker sekali pakai dapat dengan mudah Anda beli dari toko yang jual masker kain.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *